SBY dan Prabowo Bertemu Jokowi, PAN: Kami Akan di Luar Pemerintahan

Saleh-Partaonan-Daulay
Saleh Partaonan Daulay. (foto: detik/Tsarina)

harianpijar.com, JAKARTA – Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana. PAN, yang di Pilpres 2019 berkoalisi dengan Partai Demokrat dan Partai Gerindra, menyatakan siap berada di luar pemerintahan alias oposisi.

“PAN sejauh ini memang sudah menyampaikan ke publik, kelihatannya kita akan berada di luar pemerintahan. Jadi pada waktu ulang tahun PAN kemarin bulan Agustus, baik Ketua Dewan Kehormatan maupun Ketua Umum, kami sudah menyampaikan bahwa periode ini kelihatannya kita akan berada di luar pemerintahan,” ujar Wakil Sekjen PAN Saleh Partaonan Daulay kepada awak media, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Baca juga:   Politikus Partai Demokrat Sartono Hutomo Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Ponorogo

Kendati mengaku akan berada di luar pemerintahan, PAN mengatakan tetap mendukung program pemerintah yang prorakyat. PAN juga akan mengkritik jika ada program atau kebijakan pemerintah yang dinilai melenceng.

“Walaupun kami berada di luar pemerintahan, kami tidak akan diam memberi kontribusi. Kami akan dukung kebijakan pemerintah jika sejalan dengan aspirasi dan keinginan masyarakat,” sebutnya.

Saleh Partaonan Daulay juga mengatakan sejauh ini PAN tidak menginisiasi pertemuan dengan Presiden Jokowi. Namun, kata dia, PAN terbuka jika diajak bertemu oleh pihak Jokowi.

“Memang kami tidak menginisiasi pertemuan semacam itu. Andaikata ada inisiasi dari pihak Jokowi untuk bertemu atau ada yang memediasi, saya kira itu hal yang bagus dilakukan untuk kepentingan lebih luas. Walau andaikata kami tidak bersama dengan pemerintah, dengan pertemuan semacam itu, gagasan besar kami terhadap advokasi masyarakat bisa disampaikan kepada Presiden,” kata Saleh Partaonan Daulay.

Baca juga:   Tanggapi Soal Bagi Porsi 55-45, PDIP: Amien Rais Samakan Rekonsiliasi seperti Perjudian

Sebagaimana diketahui, Jokowi bertemu dengan SBY pada Kamis, 10 Oktober 2019. Dalam pertemuan yang berlangsung di Istana Merdeka itu, Jokowi dan SBY membahas beberapa isu penting seputar permasalahan politik, ekonomi, keamanan, hingga urusan ekonomi.

Keesokan harinya atau pada Jumat, 11 Oktober 2019, Jokowi kemudian bertemu dengan Prabowo Subianto. Juga di tempat yang sama, Jokowi dan Prabowo Subianto membahas soal kemungkinan bergabungnya Partai Gerindra dalam koalisi pemerintah. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar