Gerindra Incar Kursi Mentan, Hasto PDIP: Jokowi Prioritaskan dari KIK

Hasto-Kristiyanto
Hasto Kristiyanto. (foto: era/Wardhany)

harianpijar.com, JAKARTA – PDIP menanggapi soal Partai Gerindra yang disebut sreg dengan kursi Menteri Pertanian pada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024. Menurut PDIP, Jokowi memprioritaskan kursi menteri untuk partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

“Dalam hal yang ideal tentu saja apa yg terjadi dalam koalisi sebelum presiden itu sebangun dengan pembentukan kabinet. Sehingga skala prioritas Pak Jokowi adalah mengedepankan terlebih dahulu para menteri terutama yang berasal dari unsur kepartaian Koalisi Indonesia Kerja,” ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada awak media di Pondok Pesantren Luhur Al Tsaqafah, Jakarta Selatan, Selasa, 8 Oktober 2019 malam.

Meski demikian, Hasto Kristiyanto mengaku tetap menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi yang memiliki hak prerogatif memilih menterinya. Namun, dirinya berbicara relasi antara PDIP dan Partai Gerindra terwujud dalam kerja sama di DPR dan MPR.

Baca juga:   Tanggapi PKS, PKB: Silakan Kais Keuntungan Politik dari Krisis Akibat Pandemi

“Ya sejak awal kami katakan bahwa koalisi yang sebangun. Gerindra saat itu kan tidak memberikan dukungan kepada Bapak Presiden Jokowi. Karena itulah kami buka sebuah format kerja sama di DPR dan MPR, di mana hubungan baik antara Ibu Megawati Soekarnoputri dengan Bapak Prabowo dijabarkan di dalam kerja sama di DPR dan MPR tersebut,” kata Hasto Kristiyanto.

Sebelumnya, Partai Gerindra masih menunggu respons Jokowi soal konsep yang ditawarkan ke pemerintah. Salah satu titik tekan di konsep yang ditawarkan Partai Gerindra adalah soal swasembada pangan. Apakah artinya Partai Gerindra mengincar kursi Mentan?

Baca juga:   Aria Bima Pimpin Panja Jiwasraya, Fraksi Demokrat Belum Setor Nama Anggota

“Ya kalau diterima, ya, mungkin pos itu yang diberikan,” ujar Waketum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjawab kemungkinan partainya mendapat kursi Mentan dalam wawancara dengan awak media di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2019.

Akan tetapi, Sufmi Dasco Ahmad menyatakan Partai Gerindra tak dalam posisi meminta kursi ke Jokowi. Partainya hanya menawarkan konsep, dan jika konsep itu diterima, tentunya berharap bisa mengawal pelaksanaan konsep tersebut. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar