Pengamat: Susunan Kabinet Jokowi Masih Gelap dan Belum Ada Kepastian

Presiden-Joko-Widodo-Jokowi-1
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

harianpijar.com, JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun menyebut susunan kabinet Joko Widodo (Jokowi) untuk periode kedua masih gelap dan belum ada kepastian. Tetapi, para elite pendukungnya menyebut bahwa kabinet sudah terbentuk, tapi masih ada kemungkinan untuk digoyang.

Menurut Ubedilah Badrun, koalisi gemuk yang terbentuk justru membuat Jokowi kebingungan dalam menyusun kabinet.  Selain itu, elite partai pendukung secara terang-terangan meminta langsung jumlah kursi ke Jokowi.

Baca juga:   Pengamat: Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin Diminta Jelaskan Soal Radikalisme

“Ada partai yang minta jatah kursi menterinya terbanyak. Ada juga yang sudah menyebutkan jumlah menteri yang mereka inginkan,” kata Ubedilah Badrun seperti dilansir Rmol, Rabu, 2 Oktober 2019.

Ditegaskan Ubedilah Badrun, kondisi ini tidak mengenakan bagi Jokowi. Selain itu, lobi-lobi di tingkat elite juga masih kencang. Bahkan, dengan banyaknya kepentingan politik di lingkaran kekuasaan, konsentrasi Jokowi juga terpecah untuk menghadapi kondisi sosial politik negara.

Baca juga:   Ini Foto Resmi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2019-2024

“Jokowi lebih banyak memberikan jawaban atau klarifikasi dibanding menggagas pikiran-pikiran baru untuk kemajuan negara,” tegas Ubedilah Badrun. (elz/rmo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini