JK: Pendekatan Budaya untuk Papua Harus Lebih dalam Lagi

Jusuf-Kalla
Jusuf Kalla (JK). (foto: detik/Noval Dhwinuari)

harianpijar.com, JAKARTA – Wapres Jusuf Kalla (JK) menilai pendekatan berupa infrastuktur dan ekonomi ke warga Papua perlu dikaji lagi. Menurutnya, perlu dibangun metode yang lebih cocok bagi warga Papua secara umum.

“Kita selalu menganggap jalan itu, airport itu kemajuan, tapi bagi mereka lain juga. Karena itu diperbaiki dikaji lagi,” ujar JK kepada awak media di Kantor Wapres, Jakarta Pusat, Selasa, 1 Oktober 2019.

JK menjelaskan pendekatan ekonomi memang cocok diterapkan bagi warga yang tinggal di wilayah perkotaan. Namun, untuk sebagian warga, perlu dilakukan pendekatan budaya.

Baca juga:   Jusuf Kalla: Pemerintahan SBY Zalim Terhadap Pengusaha Kecil

“Untuk Papua yang masih lebih tradisional itu pendekatan itu musti pendekatan budaya yang lebih dalam lagi,” ucapnya.

JK pun berpesan kepada jajaran pimpinan daerah di Papua agar bisa memanfaatkan dana otonomi khusus dengan baik. Dirinya mengatakan dana tersebut harus bisa dimanfaatkan untuk pembangunan di Papua.

“Sangat penting juga di sana peranan pemimpin formal, gubernur, bupati, kepala daerah betul-betul berfungsi untuk membangun masyarakatnya. Dengan uang yang begitu banyak, dana yang begitu banyak,” kata JK.

Baca juga:   Usai Hadiri KTT D-8 di Istanbul, Wapres JK Lakukan Pertemuan dengan Erdogan

Sedangkan terkait peristiwa yang terjadi di Wamena, JK mengatakan masalah dipicu karena salah paham. Dirinya berharap semua pihak bisa saling memberikan pengertian.

“Kalau kita lihat Papua itu memang ada gejala, tapi sebab khususnya kan kesalahpahaman di Surabaya. Dari situ kemudian di Wamena semua tahu kata yang sama muncul. Ini memang kita sangat khawatirkan dan kita simpati atau berduka cita dengan banyaknya korban. Apa yang kita perbaiki adalah saling pengertian antarwarga,” pungkas JK. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar