Wiranto: Pemerintah Siap Buka Dialog dengan Mahasiswa

wiranto
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.

harianpijar.com, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyebut pemerintah siap membuka dialog dengan para mahasiswa yang unjuk rasa di gedung DPR/MPR sejak Selasa, 24 September 2019 hingga Rabu ini (kemarin-red).

“Sekarang sudah waktunya kita coba untuk melakukan suatu dialog yang lebih sehat karena sudah jelas sekali penjelasan dari presiden dan lewat saya juga jelas, penjelasan dari ketua DPR juga sudah jelas,” kata Wiranto kepada wartawan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu, 25 September 2019.

Seperti diketahui, mahasiswa berunjuk rasa menolak DPR mengesahkan beberapa RUU kontroversial seperti RKUHP, RUU Pemasyarakatan, RUU Pertanahan hingga RUU Minerba.

Baca juga:   Mahfud MD: Tak Ada Konsekuensi Pidana Terbitkan Perppu KPK, Impeachment dari Mana?

Menurut Wiranto, saat ini tinggal memahami persoalan secara bersama untuk kemudian mensinkronkan pemikiran, sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik tanpa menimbulkan kekhawatiran di masyarakat.

Namun, Wiranto tidak menjawab ketika ditanyakan apakah aksi mahasiswa tersebut ditunggangi oleh pihak lain.

“Sekarang sudah selesai, sudah tenang, terima kasih kepada teman-teman mahasiswa sudah memahami penjelasan-penjelasan yang disampaikan oleh pemerintah dan DPR. Pemerintah setiap saat terbuka kok. Bukan untuk saat ini saja,” ujar Wiranto.

Sementara, Ketua DPR Bambang Soesatyo juga akan menerima perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari berbagai perguruan tinggi Rabu siang kemarin.

Baca juga:   Wiranto: Penangkapan Aktivis Papua Telah Berdasarkan Hukum

Menurut Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar, DPR akan menginformasikan kepada para mahasiswa untuk melihat permasalahan secara jenih dan lebih baik karena banyak informasi yang tidak terinformasikan kepada masyarakat.

Ditegaskan Indra Iskandar, pertemuan nanti lebih pada acara silaturahmi dan berbicara secara lebih dekat karena sebenarnya sejak Selasa, 24 September 2019, Ketua DPR sudah berupaya melakukan dialog dengan para mahasiswa.

“Sejak Selasa, Ketua DPR Bambang Soesatyo sudah berupaya melakukan dialog dengan para mahasiswa,” kata Indra Iskandar, di Jakarta, Rabu, 25 September 2019. (elz/ant)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar