Mardani: Bila Tak Diperhitungkan Matang Pemindahan Ibu Kota Akan Berdampak Mudarat

Mardani-Ali-Sera
Mardani Ali Sera.

harianpijar.com, JAKARTA – Ketua DPP PKS yang juga anggota Panitia Khusus Pemindahan Ibu Kota Negara (Pansus IKN) DPR, Mardani Ali Sera mengingatkan pemerintah untuk memperhitungkan secara matang rencana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Dirinya menyebut pemindahan ibu kota adalah suatu keniscayaan, namun apabila tidak melalui perhitungan dan persiapan yang matang maka yang terjadi bukan mendapat manfaat malah mudarat.

“Pemindahan ibu kota negara bila tidak melalui perhitungan dan persiapan yang matang malah akan berdampak mudarat,” ujar Mardani Ali Sera, Rabu, 25 September 2019.

Baca juga:   Hidayat Nur Wahid Apresiasi Kemlu Berhasil Evakuasi WNI dari Afghanistan

Mardani Ali Sera bersama tim Pansus IKN yang berjumlah 13 orang baru saja melakukan kunjungan kerja ke Kota Samarinda, Kaltim pada Selasa, 24 September 2019 kemarin.

Pada kunjungan itu, mereka bertemu dengan gubernur setempat untuk menggali informasi tentang kesediaan dukungan masyarakat, kebakaran hutan dan lahan, masalah sosial dan peningkatan sumber daya manusia dan lainnya.

Menurut Mardani Ali Sera, seharusnya pemerintah tidak grasa-grusu membuat kebijakan sebelum membuat perencanaan secara holistik.

Baca juga:   Bantah Merenggang, Hidayat Nur Wahid: Janganlah Gerindra dan PKS Dipecah Belah

“Kebijakan pemindahan ibu kota negara ini seharusnya didesain dulu ekosistem intelektual dan indeks kebahagiaannya, bukan hanya infrastruktur fisiknya saja,” ucapnya.

Karena itu, Pansus IKN meminta perlu adanya pelibatan institusi pendidikan terkait rencana pemindahan ibu kota negara ini guna dimintai pandangannya. Termasuk budayawan hingga kalangan milenial.

Selanjutnya, Mardani Ali Sera sudah minta Pemprov Kaltim juga mendesain konsep IKN yang compatible dengan kota masa depan Indonesia. (nuch/jpn)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar