Pengesahan RUU KUHP Ditunda Sampai Waktu Tak Ditentukan, Ketua DPR: Seluruh Fraksi Setuju

Bambang-Soesatyo
Bambang Soesatyo (Bamsoet). (foto: liputan6/Johan Tallo)

harianpijar.com, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan pemerintah sepakat untuk menunda pengesahan RUU KUHP. Menurut Ketua DPR Bambang Soesatyo, penundaan pengesahan RUU KUHP sampai batas waktu yang tak ditentukan.

“(Penundaan pengesahan RUU KUHP) sampai waktu yang tidak ditentukan kemudian. Bisa sekarang sebelum akhir periode atau periode yang akan datang,” ujar Bambang Soesatyo saat jumpa pers seusai rapat paripurna, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 24 September 2019.

Bambang Soesatyo mengaku sudah menanyakan soal batas waktu penundaan pengesahan RUU KUHP ke Menkumham Yasonna Laoly. Namun, dirinya tidak mendapatkan jawaban pasti.

Baca juga:   Disebut Tekan Miryam, Masinton: Saya Pastikan 1000 Persen Tidak Benar

“DPR optimis atas apa yang kita lakukan, tergantung dinamika politik ke depan. Dan presiden minta ditunda. Kita sambut dengan baik penundaan itu. Kita tanya ke pak menteri sampai kapan? Sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” ucapnya.

Selain itu, tambah Bambang Soesatyo, seluruh fraksi di DPR juga sudah berembuk terkait penundaan pengesahan RUU KUHP. Dirinya menyatakan seluruh fraksi setuju RUU KUHP ditunda.

Baca juga:   Mahfud MD: Kalau Ada Temuan BPK Harus Ditindaklanjuti, DPR Dapat Panggil Tapi Bukan Lewat Hak Angket

“Seluruh fraksi tidak keberatan,” kata Bambang Soesatyo.

Sebelumnya, DPR memutuskan menunda pengesahan RUU KUHP dalam rapat paripurna siang tadi. Penundaan pengesahan dilakukan karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin mendengar masukan-masukan terkait RUU tersebut.

RUU KUHP menjadi salah satu RUU yang banyak ditolak oleh berbagai elemen. Beberapa pasal dianggap kontroversial sehingga banyak yang meminta agar RUU KUHP ditunda pengesahannya. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar