Masinton: RKUHP Belum Masuk Jadwal Agenda Paripurna

Masinton-Pasaribu
Masinton Pasaribu. (foto: dok. Media Indonesia)

harianpijar.com, JAKARTA – Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga anggota Panita Kerja (Panja) Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), Masinton Pasaribu menyetujui penundaan pengesahan RUU KUHP.

Sebab, menurutnya, RKUHP belum masuk penjadwalan dalam sidang paripurna DPR terdekat.

“RKUHP belum masuk penjadwalan agenda sidang paripurna terdekat,” kata Masinton Pasaribu kepada awak media, Minggu, 22 September 2019.

Dijelaskan Masinton Pasaribu, DPR RI merencanakan agenda rapat paripurna pengesahan RKUHP pada Selasa 24 September 2019. Namun, pembahasan RKUHP baru memasuki pengambilan keputusan tingkat I alat kelengkapan dewan atau Komisi III DPR bersama pemerintah atau dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Baca juga:   Soal Banjir Jakarta, PDIP Sebut Hampir 3 Tahun Pemprov Tak Lakukan Apa-Apa Kecuali Program Rutin

Selain itu, Masinton Pasaribu meyakini, RKUHP belum diagendakan dalam pembahasan sidang paripurna. Karena, prosedur dan mekanisme harus mengikuti alur yang diatur dalam peraturan DPR.

Sementara, pengesahan RKUHP dalam sidang paripurna harus melalui mekanisme Badan Musyawarah (Bamus) DPR bersama seluruh fraksi-fraksi partai. Hal itu dilakukan sebelum pengambilan keputusan di tingkat II, yang berdasarkan kesepakatan antara pemerintah dan Komisi III di tingkat I.

Baca juga:   Moeldoko Sebut Jokowi Belum Susun Kabinet Menteri

Dikatakan Masinton Pasaribu, berbagai pendapat dari berbagai fraksi di DPR sepakat dengan usulan dan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menunda pengesahan RKUHP. Karena itu, masih menunggu informasi pelaksanaan Bamus tersebut.

“Karena DPR bekerja secara kolektif dalam pembahasan RKUHP, maka secara formal keputusan DPR akan diambil melalui mekanisme rapat bersama antar pimpinan DPR dan fraksi-fraksi,” ujar Masinton Pasaribu. (elz/rep)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar