Mahfud-MD
Mahfud MD. (dok. Beritasatu)

harianpijar.com, JAKARTA – Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengungkapkan bahwa rakyat saat ini gelisah atas gonjang-ganjing di tubuh KPK usai pemilihan pimpinan periode 2019-2023. Dirinya pun meminta pejabat terkait untuk segera menyelasaikan masalah di KPK.

“Ikut gelisah, keadaan ini membuat kita, rakyat, gelisah, tolong selesaikan pejabat terkait, pilih jalan terbaik untuk selesai,” ujar Mahfud MD kepada detik, Sabtu, 14 September 2019.

Mahfud MD tak menampik semangat di tubuh KPK untuk melakukan protes terkait revisi UU KPK. Dirinya memaklumi KPK yang merasa tidak dilibatkan dalam proses revisi undang-undang tersebut.

Baca juga:   Fahri Hamzah Sebut Pimpinan KPK Belum Tentu Mengetahui Soal Aktivitas OTT

“Saya tahu semangat protes karena merasa tidak dipedulikan, disikapi secara sepihak, mungkin itu saja, secara hukum nggak ada nilai dari penyerahan mandat dari KPK,” kata Mahfud MD.

Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo menyatakan ingin bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas revisi UU KPK. Pihaknya merasa tak dilibatkan dalam proses penggodokan revisi UU KPK yang sudah disetujui Jokowi.

Baca juga:   Pengamat Nilai Penerbitan Perppu KPK Berpotensi Timbulkan Konflik Baru

“Yang sangat kami prihatin dan mencemaskan adalah mengenai RUU KPK, karena sampai hari ini kami draf yang sebetulnya saja kami tidak mengetahui, jadi rasanya pembahasannya seperti sembunyi-sembunyi. Kemudian saya juga mendengar rumor, dalam waktu yang sangat cepat kemudian akan diketok, disetujui,” ujar Agus Rahardjo saat konferensi pers di gedung KPK, Jakarta Selatan, kemarin. (nuch/det)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of