Basuki-Hadimuljono
Basuki Hadimuljono. (foto: detik/Nurin)

harianpijar.com, JAKARTA – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan dimana lokasi akan di bangunnya Istana Presiden di Papua. Dirinya menyebut lokasi istana di Papua berada di atas bukit dekat Jembatan Holtekamp, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

“Ide yang saya dapatkan dekat Jembatan Holtekamp, ada bukit di sana, saya belum survei,” ujar Basuki Hadimuljono di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu, 11 September 2019.

Menurut Basuki Hadimuljono, dirinya sudah mendapat perintah pembangunan istana di Papua dari pihak Sekretariat Negara. PUPR, kata dia, baru mau melakukan tahapan survei lokasi lahan seluas 10 hektare yang rencananya dihibahkan oleh warga setempat.

Baca juga:   Di Yogjakarta, Presiden Jokowi: Mari Sambut Tahun 2020 dengan Optimisme dan Kerja Keras

Selain itu, dikatakan Basuki Hadimuljono, pemerintah juga akan melakukan sayembara terkait dengan desain untuk istana di Papua. Nantinya, istana tersebut akan menjadi kantor Presiden saat melakukan kunjungan ke Papua.

“Pasti akan kami lakukan sayembara untuk desain Istana tersebut. Tapi jangan dibayangkan seperti istana negara gitu, jadi kaya wisma negara sehingga nanti akan menjadi kantor presiden kalau beliau ada (keperluan),” kata Basuki Hadimuljono.

Sebagaimana diketahui, rencana pembangunan Istana Presiden di Papua ini muncul saat Jokowi menerima tokoh-tokoh Papua di Istana Negara, Jakarta.

Baca juga:   Lewat Keppres, Presiden Jokowi Tunjuk Tjahjo Kumolo Jadi Plt Menkumham

Ada 10 poin aspirasi tokoh-tokoh Papua yang disampaikan di depan Jokowi. Satu persatu aspirasi dari tokoh-tokoh Papua itu dikabulkan oleh Jokowi.

Pada poin ke-10, yaitu permintaan pembangunan Istana di Papua, Presiden Jokowi tak langsung menjawab. Dirinya terlebih dahulu berbisik-bisik dengan Mensesneg Pratikno dan juga Menko Polhukam Wiranto.

Setelah berbisik-bisik sekitar 30 detik, Jokowi menyatakan pembangunan Istana Kepresidenan akan dilakukan mulai tahun depan.

“Mulai tahun depan Istananya mulai dibangun,” kata Jokowi yang disambut tepuk tangan 61 tokoh Papua yang hadir. (sst/det)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of