Mobil-Esemka
. (foto: dok. setkab)

harianpijar.com, MAKASSAR – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo menyambut positif kehadiran mobil Esemka di dunia otomotif nasional. Gaikindo justru mempertanyakan mengapa masih banyak masyarakat Indonesia yang nyinyir dengan mobil yang pabriknya baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

“Esemka ini membuat dinamika otomotif, punya nuansa yang berbeda, kita terima, membuka lapangan kerja baru. Kenapa harus dinyinyirin?” kata Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara saat ditemui di Hotel Rinra, Makassar, Selasa, 10 September 2019.

Baca juga:   Minta Tak Buru-Buru Tetapkan Esemka Jadi Mobil Nasional, PKS: Harus Diuji Dulu

Sebagian masyarakat nyinyir dengan mobil Esemka lantaran mobil itu dinilai terlalu mirip dengan mobil buatan China, Changan. Bahkan, dari spek dan bentuknya pun hampir sama persis.

Di sisi lain, Gaikindo membuka diri jika Esemka berminat menjadi anggotanya. Kukuh Kumara mengatakan tidak ada persyaratan ‘berat’ untuk menjadi anggota Gaikindo, asalkan memiliki perusahaan yang terdaftar di Indonesia dan memproduksi mobil di Indonesia.

Baca juga:   Mobil Esemka Dituding Tiru China, Begini Respons Luhut Binsar

“Sama saja dengan anggota lain, tidak ada dispensasi (kalau Esemka menjadi anggota Gaikindo), kembali kita hanya mengutamakan kepentingan nasional, siapa pun masuk ya silakan, nggak ada persyaratan berapa produksinya. Yang penting perusahaan sudah terdaftar dan produksi di sini,” ujar Kukuh Kumara. (sst/det)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of