Hinca: Demokrat Dukung Penuh Langkah Jokowi Bangun Istana Presiden di Papua

Hinca-Panjaitan
Hinca Panjaitan. (foto: Monitor/Rangga)

harianpijar.com, JAKARTA – Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan menyatakan partainya mendukung penuh langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memenuhi permintaan tokoh-tokoh Papua terkait pembangunan Istana Presiden di Papua.

“Saya memang belum mendengar rencana itu, (tapi) jika itu disampaikan dan sudah disampaikan, Demokrat begini, apa pun yang dipikirkan oleh pemerintah pusat untuk Papua itu harus kita hormati. Apalagi disiapkan secara tulus, sentuhan yang lebih melekat lagi dan pasti tujuannya untuk kebaikan, Demokrat mendukung secara penuh,” ujar Hinca Panjaitan di JCC Senayan, Jakarta, Selasa, 10 September 2019.

Hinca Panjaitan menilai, permasalahan di Papua memang diperlukan dialog dan bersentuhan secara langsung dengan masyarakat Papua. Karena itu, kata dia, berkantor di Papua merupakan salah satu jalan yang baik.

Baca juga:   Gerindra: Publik Juga Curiga dengan Demokrat, Mungkin AHY Mau Maju Pilgub DKI

“Memang perlu berdialog, perlu sentuhan, perlu berkomunikasi secara dekat dengan teman-teman di Papua,” kata Hinca Panjaitan.

“Demokrat pernah 10 tahun mengelola pemerintahan ini termasuk mengelola Papua. Barangkali pelajaran bisa dipetik, ya, dari situ, kuncinya itu dialog dan ketulusan, dan bicara kepada masyarakat di sana,” tambahnya.

Lebih lanjut, Hinca Panjaitan berharap permasalahan di Papua dapat segera selesai. Dirinya menyebut Partai Demokrat akan mendukung semua langkah pemerintah untuk menuntaskan permasalahan di Papua.

“Upaya lain yang dapat dilakukan pemerintah sepanjang itu maksudnya baik. Sepanjang itu maksudnya untuk mengembalikan semua menjadi baik, saya kira pemerintah memiliki otoritas untuk itu dan penting untuk menyelesaikan. Kita tunggu saja secepatnya supaya tuntas di Papua,” pungkas Hinca Panjaitan.

Baca juga:   FPI Sudah Menduga Jokowi Akan Bicara Soal Aturan Pelarangan

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi bertemu dengan tokoh-tokoh Papua hari ini. Dalam pertemuan itu, tokoh-tokoh Papua salah satunya meminta Jokowi untuk membangun Istana Kepresidenan di Papua.

Jokowi pun lantas memenuhi permintaan tokoh-tokoh Papua soal pembangunan istana tersebut. Dirinya menyatakan pembangunan Istana Presiden di tanah Papua akan mulai tahun depan.

“Mulai tahun depan Istananya mulai dibangun,” kata Jokowi menjawab aspirasi tokoh-tokoh Papua di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 10 September 2019. (nuch/det)

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar