Wiranto
Menko Polhukam Wiranto memimpin rapat koordinasi terkait Papua. (foto: detik/Alfons)

harianpijar.com, JAKARTA – Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto memimpin rapat koordinasi untuk membahas kondisi terkini Papua. Dirinya menuturkan masih ada provokasi di Papua dan Papua Barat.

Rapat koordinasi ini digelar di ruang Bima, Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, pada Senin, 9 September 2019, pukul 14.00 WIB. Rapat juga dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Wiranto melakukan rapat usai medapat informasi terkini per tanggal 9 September. Menurutnya, hingga kini kondisi Papua dan Papua Barat aman dan kondusif.

Baca juga:   Menko Polhukam: Tidak Semua Hal Terkait TNI-Polri Perlu Dikonsumsi Publik

“Per 9 September, laporan yang kita terima seluruh kondisi di Provinsi Papua dan Papua Barat aman kondusif, aktivitas sosial kemasyarakatan berjalan normal,” ujar Wiranto.

Meski demikian, Wiranto mengatakan masih ada provokasi unjuk rasa yang dilakukan pihak-pihak di Papua dan Papua Barat. Dirinya sudah memetakan pihak yang melakukan provokasi.

“Namun masih ada provokasi, masih ada selebaran-selebaran juga untuk mendorong masyarakat menghasut masyarakat melaksanakan unjuk rasa susulan, dan ini sudah kita monitor kita sudah tahu betul siapa-siapa pelakunya,” sebutnya.

Baca juga:   Pengamat Nilai Permintaan Komisi III DPR Agar Jokowi Copot Wiranto Tak Ada Artinya

Selain itu, wiranto juga menyampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus meminta agar kondisi aman kondusif di Papua dan Papua Barat dipertahankan. Untuk itu, dirinya pun mengimbau pihak penghasut untuk menghentikan aksinya.

“Unsur FPB dan AMP, itu sudah sangat jelas. Itu kita minta agar mereka hentikan aktivitas itu, hentikan provokasi dan hasut masyarakat Papua dan Papua Barat,” tegas Wiranto. (nuch/det)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of