Mobil Esemka Dituding Tiru China, Begini Respons Luhut Binsar

Luhut-Binsar-Panjaitan
Luhut Binsar Panjaitan. (foto: beritagar/Wisnu Agung Prasetyo)

harianpijar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini telah meresmikan pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. Komentar negatif pun muncul usai peresmian, mobil Esemka dituding hanya menjiplak mobil China, komponennya pun bahkan disebut impor dari sana.

Menanggapi hal itu, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menegaskan yang terpenting adalah pabrik mobil Esemka tersebut berada di Indonesia.

Baca juga:   Ahli Kendalikan Pangdam-Kapolda, PDIP Nilai Langkah Jokowi Tunjuk Luhut untuk Tekan COVID-19 Tepat

“Kenapa sih kita senang cari yang anu, mau datang dari bulan, dari mana, itu yang penting kan ada di sini (Indonesia) dia pabriknya,” ujar Luhut Binsar Panjaitan seusai rapat dengan Dewan Banggar DPR, Jakarta, Senin, 9 September 2019.

Luhut Binsar Panjaitan geram dengan komentar-komentar negatif yang beredar. Menurutnya, semua orang seharusnya bangga anak bangsa bisa memproduksi mobil sendiri.

“Kan sudah jadi ada pabriknya semua pekerjanya juga orang Indonesia kan bagus. Kita ini kayak kurang kerjaan aja yang ngomong-ngomong itu, kurang kerjaan,” ucapnya.

Baca juga:   Sambut Positif Kehadiran Mobil Esemka, Gaikindo: Kenapa Harus Dinyinyirin?

Terlebih, lanjut Luhut Binsar Panjaitan, mobil yang diproduksi Esemka merupakan mobil murah. Artinya, mobil ini bisa dijangkau oleh rakyat kecil.

“Yang diproduksi di situ juga mobil-mobil murah dipakai rakyat biasa,” kata Luhut Binsar Panjaitan. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar