FKUB Jayawijaya Apresiasi Kunjungan Panglima TNI dan Kapolri di Papua

Kapolri-dan-Panglima-TNI
Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

harianpijar.com, WAMENA – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jayawijaya Esmon Walilo menyatakan masyarakat Papua menyampaikan keinginan untuk membangun Indonesia asalkan tidak ada perilaku menjatuhkan seperti rasisme. Masyarakat Papua juga berharap ada perlindungan bagi anak-anak Papua di luar Papua seperti yang diberikan kepada pendatang di Jayawijaya.

Keinginan masyarakat Papua itu, dikatakan Esmon Walilo, disampaikan dalam pertemuan dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, pada Sabtu, 7 September 2019.

Baca juga:   Kapolri: Kita Selama Ini Terlalu Sibuk Persoalkan Perbedaan

“Kita (di Jayawijaya) sudah menganggap mereka yang datang dari luar Papua sebagai keluarga sehingga tidak mungkin melakukan tindakan-tindakan kekerasan yang bisa merugikan mereka,” ujar¬†Esmon Walilo di Wamena, Minggu, 8 September 2019.

Diketahui, kunjungan Panglima TNI dan Kapolri yang tertutup bagi media pada Sabtu, 7 September 2019 itu lebih banyak membahas keamanan. FKUB Jayawijaya pun mengapresiasi niat baik Panglima TNI dan Kapolri untuk mendengarkan persoalan masyarakat setempat.

Baca juga:   Kapolri: Karena Sudah Inkrah, Laporan Antasari Azhar Tidak Perlu Dipermasalahkan Lagi

“Puji Tuhan, rombongan bisa datang ke sini. Ini artinya ada keseriusan untuk mendengarkan masalah yang penting dari umat di sini,” kata Esmon Walilo.

Sementara itu, Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua berharap aspirasi dari tokoh-tokoh masyarakat pada pertemuan itu dapat diteruskan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Masalah keamanan Papua itu yang banyak disampaikan oleh tokoh-tokoh dan mengharapkan penyelesaiannya,” ujar Jhon Richard Banua. (elz/rep)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar