Ma’ruf Amin Diminta Ingatkan Jokowi untuk Selesaikan Kasus Munir

Jokowi-Ma'ruf-Amin
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin. (foto: instagram/khmarufamin_)

harianpijar.com, JAKARTA – Wakil Presiden terpilih KH Ma’ruf Amin diminta untuk mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar menepati janji untuk menuntaskan kasus dugaan pelanggaran HAM terhadap aktivis HAM Munir Said Thalib.

Hal itu disampaikan istri almarhum Munir, Suciwati, terkait janji Jokowi di periode pertama kepemimpinan untuk menyelesaikan berbagai kasus pelanggaran HAM berat, termasuk kasus pembunuhan suaminya.

“Yang pasti ini kan janjinya presiden. Wakil presidennya ini kan sekarang orang yang ngerti agama, ini mengingatkan kepada presidennya bahwa dia pernah berjanji soal kasus Munir, soal kasus-kasus pelanggaran HAM. Janji harus ditepati,” kata Suciwati di kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu, 7 September 2019.

Baca juga:   Pilkada Serentak 2020, Presiden Jokowi Tetapkan 9 Desember 2020 sebagai Hari Libur Nasional
Yati-Andriyani
Koordinator KontraS Yati Andriani (tengah), dan istri almarhum Munir, Suciwati (kiri). (foto: detik/Dwi Andayani)

Menurut Suciwati, kasus Munir sebenarnya tak sulit untuk diungkap, sebab telah ada dokumen dari Tim Pencari Fakta (TPF) yang menjelaskan secara rinci siapa saja pihak yang terlibat.

Terlebih, kata dia, Jokowi tak memiliki rekam jejak kasus pelanggaran HAM. Saat ini Jokowi hanya perlu membuka dokumen TPF itu dan menindaklanjuti rekomendasinya.

Baca juga:   Oposisi Masuk Kabinet, Arsul Sani: Check and Balance Diperlukan

“Kasus ini sudah terang benderang, mengapa susah? Apalagi sejak awal kan presiden tidak punya rekam jejak kasus pelanggaran HAM. Apakah Anda sekarang orang yang kuat, beragama, itu yang diminta. Apakah berani tanggung jawab menuntaskan kasusnya,” ujar Suciwati. (nuch/cnn)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar