Mobil Dinas Jokowi Mogok, Fadli Zon Sindir Ganti dengan Esemka

Fadli-Zon
Fadli Zon. (foto: Rayapos/Galuh Ratnatika)

harianpijar.com, JAKARTA – Mobil dinas kepresidenan dengan plat Indonesia I yang digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mogok saat melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Barat.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyindir agar Jokowi mengganti mobil bermerek Mercedes Benz tersebut dengan mobil Esemka.

“Ya kalau gitu Pak Jokowi seperti yang saya bilang waktu itu juga, ganti dong dengan mobil Esemka yang dibangga-banggakan. Saya kira itu spiritnya akan bagus, kan udah diproduksi,” ujar Fadli Zon di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat, 6 September 2019.

Baca juga:   Jokowi Cabut Lampiran Perpres Terkait Investasi Miras, MUI Apresiasi Keseriusan Pemerintah

Tak hanya itu, Fadli Zon juga menyarankan agar mobil Esemka dijadikan kendaraan baru untuk para menteri. Seperti diketahui, para menteri Jokowi untuk periode 2019-2024 bakal mendapatkan mobil dinas baru.

“Esemka aja lah,” sebut Waketum Partai Gerindra itu singkat.

Selanjutnya, Fadli Zon lalu melontarkan sindiran untuk mobil Esemka yang sebelumnya digadang-gadang sebagai mobil nasional (mobnas). Fadli Zon mengaku mendapat informasi bahwa komponen mobil Esemka bukan berasal dari Indonesia. Dirinya pun meminta agar pihak Esemka terbuka.

“Saya dengar banyak partikel komponennya itu bukan komponen lokal. Nah itu harus terbukalah transparan. Tapi saya kira kejujuran bahwa itu bukan mobil nasional itu menandakan bahwa ini bukan komponen nasional yang mayoritas,” kata Fadli Zon.

Baca juga:   Gelar Rapim, Pimpinan DPR Akan Bahas Nasib Setya Novanto

“Siapa tahu ini mobil dari China sana dibikin di Indonesia, dirakit kan, siapa tahu gitu. Kalau gitu mah semua orang juga bisa,” tukasnya.

Mobil Esemka sendiri hari ini dilaunching ke publik. Peluncuran itu juga dihadiri langsung oleh Jokowi. Dalam acara tersebut Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddy Wirajaya menegaskan bahwa Esemka murni perusahaan swasta. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar