Soal Adanya Keterlibatan Pihak Asing di Rusuh Papua, Fadli Zon: Pemerintah Harus Lebih Tegas

Fadli-Zon-2
Fadli Zon.

harianpijar.com, JAKARTA – Wakil Ketua DPR yang juga Waketum Partai Gerindra, Fadli Zon menanggapi soal adanya dugaan keterlibatan pihak asing dalam kerusuhan di Papua. Dirinya pun meminta pemerintah untuk bertindak lebih tegas jika memang ada dugaan seperti itu.

“Apakah itu oknum atau orang-orang yang sengaja menyusup ke dalam kerusuhan itu, seharusnya ada penindakan yang tegas,” ujar Fadli Zon di gedung DPR, Senayan, Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Jumat, 6 September 2019.

Baca juga:   Basarah: PDIP Serahkan Komposisi Kabinet pada Presiden Jokowi

Fadli Zon mengatakan ada satu proses hukum yang harus ditegakkan karena menyangkut wilayah kedaulatan Indonesia. Termasuk soal masuknya warga negara asing (WNA) ke Papua yang jika memang disengaja untuk terlibat dalam kerusuhan adalah sebuah pelanggaran terhadap hukum di Indonesia.

“Mestinya pemerintah bisa lebih tegas di dalam menindak,” kata Fadli Zon.

Sebelumnya, Menko Polhukam Wiranto membenarkan adanya keterlibatan dan konspirasi Benny Wenda, The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) terkait kerusuhan yang terjadi di Papua.

Baca juga:   Karena Sudah Teruji, Fadli Zon: Dengan Tangan Terbuka Gerindra Ajak Dahnil Anzar Gabung

“Itu ada, bukan mengada-ada. Karena ada, Kapolri melapor ke saya. Jadi, sudah jelas sekali adanya campur tangan luar dan dalam, ya,” ujar Wiranto.

Benny Wenda sendiri saat ini sudah bukan warga negara Indonesia (WNI) dan sudah mendapatkan status kewarganegaraan tetap dari Inggris. (nuch/ant)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini