Begini Respons Wiranto Soal Penetapan Tersangka Veronica Koman

Wiranto
Konferensi pers Wiranto di Kemenko Polhukam. (foto: detik/Eva)

harianpijar.com, JAKARTA – Polda Jatim menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka dalam kasus provokasi asrama mahasiswa Papua di Surabaya. Menko Polhukam Wiranto menilai, dengan status tersangka, berarti sudah ada penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan polisi.

“Biarkan saja, itu tentunya, kalau sudah ada tuduhan seperti itu (provokasi) ada tersangka, tentunya sudah hasil penyidikan dan penyelidikan,” ujar Wiranto kepada awak media di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu, 4 September 2019.

Wiranto mengatakan pihak kepolisian akan memproses hukum Veronica Koman sesuai aturan yang berlaku. “Nggak usah kita bahas. Nanti Kalau salah kan dihukum, kalau nggak salah ya dibebaskan,” pungkasnya.

Baca juga:   Ahli PBB Minta Pemerintah Lindungi Veronica Koman, Komnas HAM: Itu Bukan Intervensi

Sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menetapkan Veronica Koman (VK) sebagai tersangka dalam kasus provokasi asrama mahasiswa Papua di Surabaya. Menurut polisi, Veronica Koman aktif menyebar provokasi melalui media sosial.

“Dari hasil pemeriksaan saksi 6, (yakni) 3 saksi dan 3 saksi ahli, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka VK,” kata Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan dalam jumpa pers, Rabu, 4 September 2019.

“Setelah pendalaman dari media, hasil dari HP dan pengaduan dari masyarakat, VK ini salah satu yang sangat aktif membuat provokasi di dalam maupun di luar negeri untuk menyebarkan hoax dan juga provokasi,” imbuhnya.

Baca juga:   Kapolda Metro Jaya: Polisi Akan Pulangkan Rizieq Shihab Pakai 'Blue Notice'

Luki Hermawan mengungkapkan, saat insiden di asrama mahasiswa Papua di Surabaya terjadi, Veronica Koman aktif menyebarkan informasi di Twitter sejak 17 Agustus.

“Dia mengatakan ada seruan mobilisasi aksi ke jalan untuk besok di Jayapura ini tanggal 18 Agustus. Ini ada media juga dan ini pakai bahasa Inggris juga nanti akan ditayangkan,” jelasnya. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar