Menkominfo: Kami Mencatat Hoax Terkait Papua Berasal dari 20 Negara

Rudiantara
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

harianpijar.com, JAKARTA – Menkominfo Rudiantara mengungkapkan pihaknya mencatat penyebaran hoax terkait Papua berasal dari lebih 20 negara. Adapun hoax terbanyak, menurutnya, berasal dari salah satu negara di Eropa.

“Yang paling banyak salah satu negara Eropa, kami mencatat ada 20 negara lebih yang berasal mention-nya dari negara tersebut. Tapi belum tentu warga negara tersebut (yang menyebarkan) tapi dari negara tersebut,” kata Rudiantara di Ruang Serbaguna, Kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Selasa, 3 September 2019.

Menurut Rudiantara, pihaknya juga sudah menemukan 550 ribu URL yang menyebarkan berita hoax. Paling banyak tersebar di media sosial Twitter.

Baca juga:   Siapa Silvany Austin Pasaribu, Diplomat RI yang Jawab Tegas PM Vanuatu Soal Papua di PBB?

“Gini, kalau kita bicara angka, sampai kemarin sudah ada 550 ribu URL, itu kanal yang digunakan untuk menyebarkan hoax, paling banyak Twitter, itu aja dan dari 550 ribu original account yang posting, yang mention itu ada 100 ribu lebih,” ucapnya.

Rudiantara mengatakan jenis berita hoax yang disebarkan bermacam-macam. Yang terparah, kata dia, yang bersifat mengadu domba.

“Ya kalau disinformasi bisa kita counter kalau ini tidak benar, tapi kalau yang berbahaya adalah menghasut dan mengadu domba, kan ada mohon maaf ini ada salah satu yang mengadu domba, itu karena tidak bisa menggunakan data dia menggunakan SMS,” ujar Rudiantara.

Baca juga:   Dahnil Anzar: Prabowo Ingin Semua Elite Politik Bantu Jokowi Yakinkan Rakyat Papua

Selanjutnya, Rudiantara mengatakan penyebar hoax itu akan ditindaklanjuti oleh aparat kepolisian. Dirinya menyebut Kemenkominfo bersama Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) akan terus bekerja melacak di dunia maya.

“Iya dong kalau penegakan di dunia nyatanya sama teman-teman polisi. Kominfo hanya di dunia maya bekerja sama dengan BSSN,” pungkasnya. (nuch/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini