Wiranto Pastikan Pemerintah Tak Minta Tolong AS Selesaikan Masalah Papua

Wiranto
Wiranto. (foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir)

harianpijar.com, JAKARTA – Menko Polhukam Wiranto memastikan Indonesia tidak pernah meminta bantuan kepada Amerika Serikat (AS) dalam menyelesaikan konflik di Papua dan Papua Barat. Pasalnya, AS tak memiliki wewenang untuk terlibat dalam menangani konflik di Papua yang menuntut referendum.

Wiranto mengatakan konflik di tanah Papua merupakan masalah dalam negeri yang tidak seharusnya dicampuri pihak asing.

“Enggak ada minta tolong, minta tolong itu, ini kondisi negeri kita sendiri. Antarnegara, saling menghormati teritorial negara lain. Tidak mungkin suatu negara itu ikut campur urusan negara lain,” ujar Wiranto di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa, 3 September 2019.

Baca juga:   Wiranto, Kapolri, Panglima TNI, dan KaBIN Rapat Bahas Senjata di Kemenko Polhukam

Lebih lanjut, dikatakan Wiranto, pada dasarnya Indonesia menganut prinsip politik luar negeri yang bebas dan aktif. Namun, pemerintah Indonesia tidak ingin urusan dalam negeri turut dicampuri oleh pihak asing.

“Ini kan urusan kita, urusan rumah tangga kita, Papua Barat itu bagian sah dari timur-nya Indonesia seperti yang lain,” sebutnya.

Baca juga:   Sandiaga Uno: Doa Kami untuk Saudara di Papua

Selain itu, Wiranto juga menjelaskan prinsip tersebut berlaku dalam hal apa pun yang menyangkut persoalan dalam negeri. Dirinya pun kembali menyebut Indonesia tidak pernah meminta bantuan kepada AS dalam menangani konflik di Papua dan Papua Barat.

“Misal terjadi di Madura, masak saya minta tolong Prancis. Terjadi kerusuhan di Banten, minta Arab Saudi minta tolong. Enggak bisa. Selesaikan sendiri. Ada permasalahan kita selesaikan sendiri. Jadi itu enggak benar,” kata Wiranto. (elz/sua)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar