Soal Pemilihan Menteri, Jokowi: Itu Hak Prerogatif Presiden, Jadi Jangan Ikut Campur

jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

harianpijar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sering mendapat pertanyaan soal menteri yang bakal mengisi kabinetnya pada periode mendatang. Dirinya menegaskan penunjukan menteri itu merupakan hak prerogatifnya.

Menurut Jokowi, menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober nanti, tidak sedikit kalangan yang menanyakan calon menteri yang akan ditunjuk. Karena itu, dirinya meminta agar semua pihak bersabar hingga waktu pengumuman.

Baca juga:   Pesan Puan Maharani untuk Para Menteri Kabinet Indonesia Maju

“Banyak sering saya sampaikan, setiap saat ada pertanyaan itu saya sampaikan, konstitusi kita menyatakan bahwa itu adalah hak prerogatif presiden, jadi jangan ada yang ikut campur,” kata Jokowi saat meresmikan pembukaan Konferensi Hukum Tata Negara ke-6 Tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta, Senin, 2 September 2019.

“Pak Bapak A masuk gak Pak? Nanti ke tempat lain, Ibu B masuk gak Pak ke kabinet. Yang pertama ya kita sabar, tunggu waktunya pasti akan kita umumkan,” tambahnya.

Baca juga:   Soal Revisi UU KPK, Partai Golkar Dukung Penuh Keputusan Jokowi

Meski demikian, Jokowi tetap mempersilakan jika ada yang memberikan usulan nama-nama yang akan duduk di dalam jajaran menteri di pemerintahannya.

“Usul boleh, usul boleh, bisik-bisik juga boleh. Tapi, seperti tadi yang disampaikan kewenangan presiden, hak prerogatif presiden,” sebutnya. (elz/rep)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar