Pastikan Situasi Terkendali, Kapolri dan Panglima TNI Akan Berkantor di Papua

Kapolri-dan-Panglima-TNI
Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

harianpijar.com, JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menurut rencana akan terbang ke Papua dan Papua Barat guna memantau secara langsung kondisi terkini pasca kerusuhan beberapa hari lalu.

“Ini tentu akan kita evaluasi terus, saya sendiri dengan Bapak Panglima TNI nanti kemungkinan besar besok (hari ini-red) akan kesana, untuk mengendalikan betul-betul situasi terkendali dan melakukan langkah penegakan hukum, ” kata Tito Karnavian di Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu, 1 September 2019.

Menurut Tito Karnavian, diperkirakan dirinya akan berada di Papua selama sepekan, untuk memastikan keamanan pasca kericuhan yang terjadi. Selain itu, dirinya juga telah berkoordinasi dengan Kapolda Papua dan Papua Barat untuk melarang demonstrasi agar tidak timbul kericuhan.

Baca juga:   Siap Bertemu Benny Wenda Soal Papua, Moeldoko: Maunya Apa?

“Saya akan (tinggal di Papua) paling tidak, mungkin empat, lima hari, seminggu akan ada di situ sampai situasi benar-benar aman,” ucapnya.

Tito Karnavian juga menegaskan, kondisi di Papua dan Papua Barat saat ini sudah jauh lebih stabil dan aman.

“Jadi sekali lagi, kondisi di Papua sekarang sudah relatif lebih stabil, lebih aman, dan saya sudah menggelar bersama Panglima TNI kekuatan tambahan hingga lebih kurang 6.000 (personel) untuk Papua dan Papua Barat,” ujar Tito Karnavian.

Baca juga:   Wiranto: Undang-Undang Memungkinkan Papua untuk Tambah Provinsi

Sementara diketahui, ribuan warga Papua menggelar aksi unjuk rasa memprotes tindakan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya pada Kamis, 29 Agustus 2019 lalu. Bahkan, aksi unjuk rasa itu berujung rusuh.

Massa yang marah juga sempat membakar ruko, perkantoran pemerintah, kendaraan roda dua dan roda empat serta merusak fasilitas lainnya. Saat itu, kondisi tersebut membuat aktivitas di Kota Jayapura lumpuh total. (elz/med)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar