Soal Keterlibatan Pihak Asing di Kerusuhan Papua, Kapolri: Sudah Dipetakan dan Sedang Didalami

Jenderal-Tito-Karnavian
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (foto: Reuters)

harianpijar.com, JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian tak menampik bahwa ada keterlibatan kelompok masyarakat yang memiliki hubungan dengan pihak asing, terutama organisasi di luar negeri, dalam aksi anarkis yang terjadi di Papua dan Papua Barat.

“Ada. Kita sama-sama tahu dari kelompok-kelompok ini ada hubungannya dengan network di internasional,” ujar Tito Karnavian seperti yang dikutip dari Antara via CNN Indonesia, Minggu, 1 September 2019.

Baca juga:   Takut Tidak Pancasilais, Presiden Jokowi Soroti Ketimpangan Pembangunan di Papua

Tito Karnavian mengatakan pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menangani masalah tersebut. Menurutnya, pihak-pihak yang diduga menggerakan kericuhan di Papua sudah diketahui.

“Pihak-pihak yang diduga menggerakkan sudah dipetakan dan sedang didalami. Kalau misal terbukti (terlibat), akan ditindak secara hukum,” tegasnya.

Baca juga:   Terkait Ancaman Teror, Kapolri: Dia Mau Buat Semua Panik, Kalau Ada Seperti Itu Tak Perlu Dibesarkan di Media

Lebih lanjut, Tito Karnavian mengungkapkan saat ini kondisi di Papua dan Papua Barat sudah terkendali. “Sudah relatif aman ya,” sebutnya.

Tito Karnavian menambahkan sebanyak 6.000 pasukan gabungan TNI-Polri juga telah diperbantukan untuk menjaga wilayah timur Indonesia itu. Mereka disebar di beberapa titik di antaranya Jayapura, Nabire, Paniai, Deiyai, Manokwari, Sorong dan Fakfak. (nuch/cnn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini