Mantan Wali Kota Jayapura Nilai Jokowi Belum Perlu Kunjungi Papua

Presiden-Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto: dok. KSP)

harianpijar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meraih kemenangan lebih dari 90 persen di Papua pada Pilpres 2019. Karena itu, dirinya dianggap perlu mengunjungi Papua untuk bisa meredam situasi di sana.

Menanggapi hal itu, eks Wali Kota Jayapura Michael Manufandu menilai Jokowi belum perlu mengunjungi Papua. Sebab, Jokowi sudah memiliki para pembantunya untuk menangani Papua.

“Presiden sudah menyerahkan ke beberapa pejabat yang punya fungsi dan tugas-tugas tersebut,” kata Michael Manufandu saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Michael Manufandu mengatakan, terkait masalah keamanan di Papua, Jokowi sudah menunjuk Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Termasuk untuk mendengarkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat Papua.

Baca juga:   Ketua MPR: Penerbitan Perppu KPK Hak Presiden, Semua Pihak Harus Hormati

“Jadi mengenai masalah keamanan, Presiden sudah menyerahkan kepada Kapolri dan Panglima. Mendengarkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat,” ucapnya.

Menurut Michael Manufandu, Jokowi bisa mengunjungi Papua apabila kondisi sudah kondusif. Dirinya yakin Jokowi bakal terus memperhatikan Papua. Sebab lima tahun kepemimpinannya Jokowi sudah membuat jalan yang terisolir kemudian juga pembangunan pelabuhan.

Sehingga roda ekonomi di Papua ini semakin berkembang. Sehingga baginya Jokowi ke Papua apabila situasi telah pulih.

“Nanti kalau sudah jalan. Baru presiden diberitahukan. Sudah waktunya datang bertemu dengan rakyat. Jadi presiden datang untuk gunting pita. Presiden datang untuk melambai kepada rakyat,” ujar Michael Manufandu.

Baca juga:   PA 212 Beri Target Prabowo Pulangkan Habib Rizieq dalam 100 Hari Kerja Jadi Menhan

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mendukung jika nantinya Presiden Jokowi berkantor di Papua. Hal ini, menurutnya, karena Jokowi menang mutlak lebih dari 90 persen pada Pilpres 2019.

“Saya kira itu sesuatu yang baik. Apalagi Pak Jokowi menang mutlak di Papua, 90 persen lebih,” kata Ahmad Riza Patria di Gedung DPR, Jakarta, Jumat, 30 Agustus 2019.

Ahmad Riza Patria mengatakan Jokowi juga harus dekat dengan penduduk di sana. Termasuk melakukan pengecekan atas insiden kerusuhan yang terjadi di Jayapura.

“Sementara ini enggak ada salahnya dekat, datang segera Presiden dengan jajaran terkait, untuk melihat langsung,” pungkasnya. (nuch/jwp)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar