Demo-Papua
Aksi unjuk rasa yang berujung kericuhan terjadi di Jayapura, Papua. (foto: ANTARA FOTO/Dian Kandipi)

harianpijar.com, JAKARTA – Kemkominfo mengatakan munculnya gangguan terhadap layanan telepon dan SMS di Jayapura, Papua bukan karena diblokir oleh pemerintah. Menurut Menkominfo Rudiantara, hal itu lantaran ada pihak yang memotong kabel jaringan.

“Yang terjadi di Jayapura, ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh layanan telekomunikasi di beberapa wilayah Jayapura,” kata Rudiantara dalam keterangannya, Kamis, 29 Agustus 2019.

Baca juga:   Fahri Hamzah Dukung Jokowi Bangun Istana Kepresidenan di Papua

Rudiantara mengatakan, pihak Telkomsel saat ini tengah berupaya memperbaiki kabel yang diputus. Dalam hal ini, Kemkominfo juga berkoordinasi dengan TNI-Polri untuk membantu pengamanan serta perbaikan di ruang terbuka.

“Telkomsel sedang melakukan pengalihan trafik agar layanan suara dan SMS bisa segera difungsikan kembali,” ungkapnya.

Baca juga:   Menko Polhukam: Jokowi-Ma'ruf Menang 90 Persen Berarti Rakyat Papua Setuju

Sedangkan terkait pembatasan layanan internet di Papua, Rudiantara mengatakan pemerintah hanya melakukan pembatasan untuk layanan data.

“Pemerintah hanya melakukan pembatasan atas layanan data (tidak ada kebijakan black out), sementara layanan suara (menelepon/ditelepon) serta SMS (mengirim/menerima) tetap difungsikan,” ujar Rudiantara. (nuch/det)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of