Tak Persoalkan Lukas Enembe ke Surabaya, Mendagri: Dia Sudah Izin

Tjahjo-Kumolo
Tjahjo Kumolo.

harianpijar.com, JAKARTA – Mendagri Tjahjo Kumolo tidak mempersoalkan kunjungan Gubernur Papua Lukas Enembe ke Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya. Dirinya menyebut Lukas Enembe sudah meminta izin.

Diketahui, Lukas Enembe melakukan kunjungan ke Surabaya. Dirinya bertemu dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Lukas Enembe juga sempat mengunjungi Asrama Mahasiswa Papua, meski ditolak masuk.

“Sudah izin saya bahwa dia akan ketemu mahasiswa Papua, Gubernur Jawa Timur,” ujar Tjahjo Kumolo di Hotel Grand Paragon, Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2019.

Baca juga:   PNS Ikut Ormas Anti-Pancasila, Mendagri: Silakan Mengundurkan Diri Saja

Menurut Tjahjo Kumolo, izin itu disampaikan Lukas Enembe saat bertemu dirinya di Jakarta. Kala itu, keduanya menghadiri rapat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kondisi Papua.

Kendati demikian, Tjahjo Kumolo tak ingin berkomentar banyak soal kunjungan Lukas Enembe ke Surabaya, termasuk soal penolakan mahasiswa Papua terhadap Lukas Enembe.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo melarang seluruh pimpinan daerah di Papua dan Papua Barat meninggalkan wilayah pasca-tindakan rasisme di Surabaya berujung aksi unjuk rasa.

Baca juga:   Soal Papua, Ma'ruf Amin: Jangan Ada Separatisme Berlebihan

Tjahjo Kumolo meminta para kepala daerah melakukan penguatan dengan elemen-elemen masyarakat untuk meredakan ketegangan akibat aksi rasisme tersebut.

“Kalau ada demo, baik sudah izin kepolisian atau belum, tolong diterima. Apapun mereka adalah warganya, dibimbing dengan baik, diberikan penjelasan dengan baik, baik dari berita hoaks dan sebagainya,” kata Tjahjo Kumolo di Gedung KPK, Kamis, 22 Agustus 2019. (nuch/cnn)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar