Edhy Prabowo: Gerindra Ingin Biaya Pemindahan Ibu Kota 100 Persen dari Uang Negara

Edhy-Prabowo
Edhy Prabowo. (foto: detik/Aditya Mardiastuti)

harianpijar.com, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo mengatakan partainya ingin dana yang digunakan untuk pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur sepenuhnya ditanggung oleh APBN. Menurutnya, pembiayaan sebaiknya tidak diserahkan kepada pihak swasta.

“Gerindra maunya 100 persen uang negara,” ujar Edhy Prabowo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 27 Agustus 2019.

Edhy Prabowo menuturkan, pihak swasta hanya boleh terlibat dalam pembangunan sektor pendukung lainnya. Dirinya menilai pemindahan ibu kota berkaitan dengan kedaulatan negara, sehingga pembangunan sektor-sektor penting sebaiknya tidak diserahkan ke pihak swasta.

Baca juga:   PDIP Sebut Pertemuan Megawati-Prabowo Tak Bahas Soal Bagi-Bagi Kursi

Selain itu, Edhy Prabowo juga meminta pemerintah tidak buru-buru dalam merealisasikan pemindahan ibu kota negara. Sebab, kata dia, perlu ada kajian mendalam sebelum itu benar-benar dilaksanakan. Apalagi, rencana biaya yang dibutuhkan mencapai Rp 466 triliun dan tergolong nominal yang sangat besar.

“Kajian-kajiannya di DPR sendiri belum dibahas. Kita perlu mengkaji secara dalam tentang pemindahan ibu kota terutama tentang masalah kemungkinan bencana, ketersediaan air,” kata Edhy Prabowo.

Baca juga:   Muhammad Taufik: Soal Bedah Rumah Cilincing, Ahok-Djarot Harus Bertanggung Jawab

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dana yang dibutuhkan untuk pemindahan ibu kota negara mencapai Rp 466 triliun. Tetapi,  kebutuhan dana itu hanya sebagian kecil yang ditanggung oleh APBN.

“Yang dari APBN nantinya hanya akan 19 persen,” ujar Jokowi.

Sedangkan kebutuhan dana lainnya akan dicari dari sumber lain, seperti dana swasta ataupun BUMN. Pembangunan ibu kota negara baru juga akan dilakukan dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan-badan usaha. (elz/cnn)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar