Dukung Pemindahan Ibu Kota, Fraksi Gerindra: Tapi Harus Dilakukan dengan Ketentuan dan Syarat

Ahmad-Riza-Patria
Ahmad Riza Patria. (foto: dok. Viva)

harianpijar.com, JAKARTA – Fraksi Partai Gerindra di DPR pada dasarnya setuju dengan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Meski begitu, Fraksi Partai Gerindra menilai pemindahan ibu kota negara masih belum memenuhi aspek legalitas.

“Prinsipnya kita memahami, mengerti dan mendukung perlunya pemindahan ibu kota, karena di Jakarta dirasa sudah padat macet, banjir, ada polusi,” ujar anggota Fraksi Partai Gerindra DPR Ahmad Riza Patria kepada awak media, Senin, 26 Agustus 2019.

“Tapi proses pemindahan Jakarta itu harus dilakukan dengan ketentuan dan berbagai syarat. Syarat pertama harus didukung aspek legalitasnya. Yang sejauh ini belum memenuhi aspek legalitas,” tambahnya.

Baca juga:   Pengamat Politik: Nama Besar Presiden Jokowi Menjadi Magnet untuk Gibran dan Bobby

Ahmad Riza Patria mengatakan pemindahan ibu kota seharusnya dibicarakan dengan DPR sejak awal. Dirinya menegaskan persoalan pemindahan ibu kota itu tak bisa hanya diputuskan oleh pemerintah.

“Harus sejak awal melibatkan legislatif dan melibatkan DPR dalam hal ini Komisi II. Dan dalam hal ini surat-menyurat, melakukan pembahasan, RDP dan sebagainya,” jelasnya.

Selain itu, Ahmad Riza Patria juga menyampaikan sejumlah pertimbangan sebelum pemindahan ibu kota dilaksanakan. Mulai dari pertimbangan anggaran hingga sumber daya manusia.

“Kita masih punya masalah yang krusial. Kita masih punya masalah lain seperti sosial di Papua. Ini yang harus jadi perhatian pembangunan di Papua,” kata Ahmad Riza Patria.

Baca juga:   Demokrat Tanggapi Santai Soal Kembalinya Sandiaga ke Gerindra

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai lokasi ibu kota negara yang baru. Ibu kota baru nantinya akan terbagi di dua kabupaten.

“Ibu kota negara baru paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur,” ucap Jokowi saat konferensi pers pemindahan ibu kota baru di Istana Presiden, Jakarta, hari ini. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar