Hendrawan-Supratikno
Hendrawan Supratikno. (foto: detik/Ari Saputra)

harianpijar.com, JAKARTA – Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengaku mendapat bisikan langsung dari Ketum PAN Zulkifli Hasan bahwa PAN dipastikan tidak ada dalam kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Terkait hal itu, PDIP menghormati keputusan PAN tersebut.

“Pernyataan-pernyataan yang simpatik dari para petinggi PAN. Pernyataan yang lahir dari pemahaman terhadap esensi demokrasi. Kami menaruh rasa hormat,” ujar Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno kepada awak media, Sabtu, 24 Agustus 2019.

Menurut Hendrawan Supratikno, PAN tidak akan bekerja sendiri dalam mengawasi pemerintahan Jokowi. Dirinya menyebut politik Indonesia bersifat gotong royong.

Baca juga:   Ini Jawaban Andre Saat Ditanya Kemungkinan Gerindra Undang Amien Rais ke Rakernas

“Soal menteri adalah prerogatif presiden. Soal pengawasan terhadap kinerja adalah tugas dan tanggung jawab bersama agar terdapat pemerintahan yang efektif dan tidak menyimpang,” kata Hendrawan Supratikno.

“Politik kita adalah politik gotong royong, politik yang inklusif. Jadi tidak benar narasi atau diksi disingkirkan atau dinihilkan,” tambahnya.

Sebelumnya, Amien Rais mengaku mendapat bisikan langsung dari Zulkifli Hasan terkait langkah politik partai ke depan. Menurutnya, berdasarkan bisikan Zulkifli Hasan, PAN dipastikan tidak ada dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Tadi saya dibisiki Bapak Ketum bahwa nanti PAN tidak ikut dalam kabinet yang akan datang,” ujar Amien Rais saat memberi sambutan di HUT PAN yang digelar di Kolong Tol Pejagalan, Pluit, Jakarta Utara, Jumat, 23 Agustus 2019.

Baca juga:   Rencana Amien Rais Ke KPK, Jubir: KPK Harus Netral dan Pimpinan Wajib Hindari Pertemuan

Kemudian, Zulkifli Hasan menjelaskan soal pernyataan Amien Rais yang menyebut PAN tak ikut kabinet Jokowi itu. Dirinya menilai kekuatan koalisi pemerintahan Jokowi sudah cukup besar.

“Tadi saya sampaikan ke Pak Amien, ‘Pak, ini orang-orang PAN banyak yang sampaikan oposisi.’ Saya bilang, ‘Di sana sudah, sudah jelas mereka memang sudah kuat, sudah cukup,'” jelas Zulkifli Hasan di lokasi yang sama. (nuch/det)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of