Badan-Intelijen-Negara-BIN
. (foto: dok. setkab)

harianpijar.com, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyebut Badan Intelijen Negara (BIN) telah mengetahui dalang di balik kericuhan di sejumlah wilayah Papua. Karena itu, diperlukan duduk perkara yang jelas maka Komisi I DPR RI akan mendengarkan penjelasan dari BIN.

Menurut Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Evita Nursanty, dirinya lebih sepakat jika melihat progress daripada sekadar pertanyaan kecolongan atau bukan.

“Saya dengar kemarin BIN sudah kasih statement soal itu bahwa mereka sudah tahu siapa dalang di balik rusuh di Manokwari dan sejumlah tempat di Papua Barat dan Papua,” kata Evita Nursanty melalui pesan singkat, Kamis, 22 Agustus 2019.

Baca juga:   Fahri Hamzah: Kalau Saya Jadi Presiden, KPK Akan Saya Bubarkan

Evita Nursanty menegaskan bahwa mahasiswa-mahasiswi asal Papua dan Papua Barat itu adalah anak-anak Indonesia, semuanya satu, bersaudara. Karena itu, dirinya yakin persoalan ini bisa diselesaikan dengan baik dan jiwa besar semua pihak.

“Jangan sampai kita kemudian membuka pintu pihak lain yang mengadu-domba dan memecah-belah bangsa Indonesia,” tegasnya.

Selain itu, dikatakan Evita Nursanty, pemerintah Indonesia tidak perlu khawatir dengan stigma dunia internasional, mengingat peristiwa ini sifatnya lokal saja. Kemudian negara-negara lain tetap mendukung kedaulatan NKRI dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, tidak ada yang tertutup, kalau dicek sederhana awalnya seperti ketersinggungan.

Baca juga:   Mendagri: Pemerintah Usulkan 20 Persen Ambang Batas Kepresidenan

Evita Nursanty juga menyebut, hal ini adalah urusan dalam bangsa Indonesia sendiri, dan dirinya yakin Pancasila memperkuat persatuan kita kembali.

“Jadi saya pikir tidak perlu ada penjelasan resmi yang justru akan membesar-besarkan masalah dan membuat ini konsumsi internasional. Kalau ada yang bertanya ya kita jawab,” pungkas Evita Nursanty. (elz/rep)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of