Said-Aqil
Said Aqil Siroj. (foto: detik/Grandyos Zafna)

harianpijar.com, JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan memilih Jaksa Agung bukan dari kalangan partai politik.

“Iya setuju, setuju dengan presiden soal jaksa agung dari nonpartai,” ujar Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dalam keterangan tertulisnya, Senin, 19 Agustus 2019.

Said Aqil menjelaskan, jaksa agung sebagai orang yang diberi kepercayaan menegakkan keadilan maka diharapkan orang yang netral independen tidak terkait atau tidak ada hubungan dengan partai politik manapun.

Baca juga:   Pakar Hukum: Presiden Miliki Peluang untuk Menggagalkan RUU KPK

“Maka diharapkan yang independen yang kapabel, yang berkualitas dan mempunyai integritas yang maksimal itu yang kita harapkan,” ungkapnya.

Said Aqil berharap jaksa agung dan penegak hukum lainnya dapat membangun kepercayaan hukum bagi masyarakat sehingga masyarakat pencari keadilan tidak putus asa atau tidak kemana-mana dalam mencari keadilan.

Baca juga:   Riza: Gerindra Berharap Kabinet Baru Jokowi Mampu Selamatkan Indonesia

“Mari kita bangun kepercayaan terhadap kejaksaan agung, agar masyarakat percaya betul dengan kejaksaan agung dan kepada penegak hukum yang lain, jangan sampai kehilangan kepercayaan maka yang akan terjadi kecurigaan, suudzon sehingga kalau berkembang terjadi pembangkangan,” tukas Said Aqil. (elz/rep)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of