Jusuf-Kalla
Jusuf Kalla (JK). (foto: Biropers Wakil Presiden RI)

harianpijar.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menanggapi video ceramah Ustaz Abdul Somad tentang salib yang belakangan menjadi viral di media sosial. JK pun mengimbau pemuka agama berdakwah dengan pesan-pesan yang menyejukkan.

“Ya pasti, pertama, kita semua Islam, Kristen, Buddha dalam berdakwah maupun memberikan khotbahnya haruslah lebih adem dan lebih menghormati satu sama lain,” ujar JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Agustus 2019.

Menurut JK, video viral itu harus segera diklarifikasi. Dirinya meminta Ustaz Abdul Somad mengikuti prosedur yang berlaku terkait ceramahnya tersebut.

Baca juga:   Yakin Prabowo Akan Terima Putusan MK, JK: Beliau Orang yang Realistis

“Apa yang terjadi pada Ustaz Somad itu tentu harus diklarifikasi. Karena juga banyak usulan, ya dilalui dengan proses di negeri ini,” kata JK.

Sebelumnya, Ustaz Abdul Somad telah memberikan tiga poin klarifikasi terkait video ceramahnya yang viral itu.

Pertama, Ustaz Abdul Somad menuturkan dirinya hanya menjawab pertanyaan dari anggota jemaah. Kedua, Ustaz Abdul Somad mengaku kajiannya disampaikan dalam forum tertutup di masjid.

Baca juga:   Sandi: Saat Bertemu JK, Prabowo Sampaikan langkah yang Akan Ditempuh Sesuai Konstitusi

Ketiga, Ustaz Abdul Somad menegaskan pengajian tersebut sudah lama. Dirinya mengatakan menyampaikan kajian itu sekitar tiga tahun lalu di salah satu masjid di Pekanbaru, Riau.

Di sisi lain, atas video tersebut, beberapa pihak melaporkan Ustaz Abdul Somad ke polisi. Setidaknya ada empat pihak yang telah melaporkan Ustaz Abdul Somad.

Yakni, Horas Bangso Batak (HBB), seorang dosen universitas swasta di Jakarta bernama Manotar Tampubolon, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan Presidium Rakyat Menggugat (PRM). (nuch/det)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of