Mardani-Ali-Sera
Mardani Ali Sera. (foto: dok. PKS)

harianpijar.com, JAKARTA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak sependapat dengan usulan pimpinan MPR diubah menjadi 10 orang. Bahkan, tidak ada jaminan kinerja MPR bakal lebih baik setelah penambahan tersebut.

“Penambahan jumlah pimpinan disebut tidak menjamin kinerja MPR akan lebih efektif,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera saat ditemui di ruang kerjanya, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 19 Agustus 2019.

Baca juga:   Mardani: FPI Dipastikan Tak Bertentangan dengan Ideologi Negara

Menurut Mardani Ali Sera, yang dibutuhkan negeri saat ini adalah penguatan demokrasi agar menjadi substantif dan berkualitas. Salah satunya memastikan adanya check and balance dalam pemerintah.

Karena itu, dikatakan Mardani Ali Sera, usulan penambahan pimpinan MPR semakin mengesankan elite negeri hanya ingin bagi-bagi jabatan dan mengesampingkan rakyat.

“Bukan soal penambahan jumlah pimpinan MPR,” ujar Mardani Ali Sera.

Baca juga:   Soal 10 Pimpinan MPR, Pengamat: Itu Bentuk Politik Rekonsiliatif Berbasis Power Sharing

Sementara diketahui, usulan penambahan pimpinan MPR jadi sepuluh orang sempat dikemukakan oleh Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay. Menurutnya, jumlah pimpinan dibagi rata untuk semua fraksi di DPR ditambah satu Fraksi DPD.

Sedangkan, langkah yang harus ditempuh agar usulan tersebut dapat diterima, yaitu dengan merevisi UU MD3 terlebih dahulu. (elz/rmo)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of