Ahmad-Syafii-Maarif
Ahmad Syafii Maarif (Buya Syafii). (foto: dok. tirto)

harianpijar.com, SURABAYA – Eks Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii menanggapi video ceramah Ustaz Abdul Somad tentang salib yang belakangan viral di media sosial.

“Kasus itu ada hal yang terlupakan yaitu melaksanakan sila ke-lima, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Seluruh masyarakat Indonesia harus diperlakukan sama karena kita memiliki bangsa yang sama,” ujar Buya Syafii saat Seminar Wawasan Kebangsaan bertema ‘Dari Aku, untuk Indonesiaku’ yang digelar UK Petra, Senin, 19 Agustus 2019.

Baca juga:   Tekan Angka Kematian COVID-19, Luhut Binsar Minta Kemenkes Segera Lakukan Ini

Buya Syafii mengatakan, dari sila kelima tersebut, keadilan itu sangat mahal.

“Keadilan itu sangat mahal tapi hidup sebuah bangsa dan negara itu tergantung sampai mana kita dapat melaksanakan prinsip keadilan itu sendiri,” kata Buya Syafii.

Sebelumnya, Ustaz Abdul Somad telah memberikan tiga poin klarifikasi terkait video ceramahnya yang viral itu.

Baca juga:   Tegas, Marsekal Hadi: Siapa Pun yang Ingin Gagalkan Pelantikan Presiden Akan Berhadapan dengan TNI

Pertama, Abdul Somad menuturkan dirinya hanya menjawab pertanyaan dari anggota jemaah. Kedua, Abdul Somad mengaku kajiannya disampaikan dalam forum tertutup di masjid.

Ketiga, Abdul Somad menegaskan pengajian tersebut sudah lama. Dirinya mengatakan menyampaikan kajian itu sekitar tiga tahun lalu di salah satu masjid di Pekanbaru, Riau. (nuch/det)

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar