Fadli Zon Soal Insiden di Asrama Mahasiswa Papua: Harus Ada Pendalaman Investigasi

Fadli-Zon
Fadli Zon. (foto: Rayapos/Galuh Ratnatika)

harianpijar.com, JAKARTA – Pihak kepolisian telah memulangkan 43 mahasiswa Papua di Surabaya usai diperiksa terkait kasus dugaan pembuangan bendera Merah Putih. Terkait hal itu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta publik menunggu hasil investigasi yang dilakukan polisi.

“Ya kita lihat lah, harus ada satu pendalaman investigasi, jadi jangan sampai informasi-informasi ini berseliweran tidak jelas ya. Lebih bagus kita mendengarkan dulu, mendudukkan dulu masalahnya seperti apa,” ujar Fadli Zon di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 19 Agustus 2019.

Baca juga:   Fadli Zon: Jokowi Tutup Pintu soal Masa Jabatan Presiden Tiga Periode

Lebih lanjut, Fadli Zon pun meminta kasus ini tidak dibesar-besarkan supaya tidak menyulut lebih banyak konflik. Dirinya meminta pihak berwenang menginvestigasi peristiwa yang sebenarnya.

“Baiknya kita lihat ini jangan terlalu dibesarkan lah ya, karena menurut saya kalau ini dibesarkan terus tentu akan menyulut lebih banyak pertentangan, lebih banyak nanti konflik. Lebih bagus diberikan waktu untuk melakukan investigasi apa yang sesungguhnya terjadi. Kemudian kalau ada kesalahan-kesalahan, ada ini, tentu diinikan (ditangani) sesuai hukum yang berlaku,” kata Fadli Zon.

Baca juga:   Keluarga Muhammad Al Khaththath Temui Wakil Ketua DPR Minta Penangguhan Penahanan

Sebelumnya, pihak kepolisian mengamankan 43 mahasiswa untuk dimintai keterangan terkait dugaan pembuangan bendera Merah Putih, pada Sabtu, 17 Agustus 2019. Mereka dijemput di Asrama Mahasiswa Papua untuk dibawa ke Mapolrestabes Surabaya. 43 mahasiswa itu akhirnya dipulangkan oleh polisi.

Penjemputan ini, awalnya juga sempat berlangsung alot lantaran mahasiswa tidak mau ikut polisi. Ketegangan terjadi hingga polisi menembakkan gas air mata. Kemudian, polisi menerobos masuk asrama, melakukan negosiasi dan membawa 43 mahasiswa ke dalam 3 truk. (nuch/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini