Soal Rencana Pemindahan Ibu Kota, Fadli Zon: Harus Lihat Kondisi Ekonomi Kita

Fadli-Zon
Fadli Zon. (foto: instagram/fadlizon)

harianpijar.com, JAKARTA – Wakil Ketua DPR yang juga Waketum Partai Gerindra, Fadli Zon menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta izin kepada para anggota Dewan untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan.

Menurut Fadli Zon, perlu kajian lebih serius bukan hanya sekadar wacana. Pemerintah juga harus melihat kondisi ekonomi di Indonesia, sebab memindahkan ibu kota memakan uang negara lebih banyak.

“Pendalamannya kan uangnya dari mana, kemudian time table seperti apa, berapa tahun kita mau pindahkan ibu kota. Artinya kita harus bangun infrastruktur di tempat ibu kota baru itu,” kata Fadli Zon di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.

“Lahannya, pemindahan tempat-tempat dan SDM dan segala sesuatu itu harus dihitung keperluannya dan berapa lama kita pindahkan itu. Karena ini menyangkut pelayanan juga terhadap seluruh warga negara,” imbuhnya.

Baca juga:   Gerindra Dapat Dua Menteri, Willy: NasDem Terima dengan Lapang Dada

Fadli Zon mengaku tak masalah dengan adanya gagasan pemindahan ibu kota tersebut. Namun, harus dikaji secara matang mulai dari lokasi, tempat, serta efisiensinya.

“Ini harus ada satu kajian yang sangat serius menyangkut masalah pemindahan ibu kota persoalan sekedar keinginan tapi juga segala sesuatu menyangkut infra, sumber daya, pemerintahan dll,” terangnya.

Fadli Zon lalu mencontohkan negara lain yang juga memiliki inisiatif memindahkan ibu kota. Seperti Turki, Brasil, Malaysia, dan India memiliki rumusan rancangan yang serius.

“Kalau kita pelajari di negara lain, itu mereka merancang dengan waktu cukup lama. Jadi bukan sekedar statement saja. Walau gagasan ini bukan baru, tapi harus dilihat juga kondisi ekonomi kita. Apa yang jadi prioritas kita. Apa pemindahan ibu kota sudah menjadi prioritas kita dalam kondisi ekonomi saat ini yang ada perang dagang, utang semakin membesar, daya beli menurun dsb. Ini harus dipikirkan,” ujar Fadli Zon.

Baca juga:   Kurang Harmonis, PDIP Disinyalir Penyebab Kegagalan Demokrat Masuk Kabinet

Sebelumnya, soal rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan itu sempat disinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang tahunan DPD-DPR hari ini.

Jokowi meminta izin kepada para anggota Dewan untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan. Rencana pemindahan ibu kota negara ini sudah beberapa kali dibahas.

“Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak-Ibu anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa, terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” kata Jokowi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019. (nuch/rmo)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar