45 Persen Menteri dari Parpol, PDIP Yakin Dapat Kursi Paling Banyak

Eva-Kusuma-Sundari
Eva Kusuma Sundari. (foto: dok. kedaipena)

harianpijar.com, JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merasa yakin Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menepati janjinya untuk memberikan kursi menteri terbanyak kepada pihaknya.

Sekretaris Bidang Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari mengatakan partainya menerima keputusan Jokowi soal komposisi kabinet 55 persen dari profesional dan 45 persen dari partai politik. Jumlah kursi di kabinet ada 34.

Baca juga:   Wiranto Tegaskan Pertemuan Jokowi dan Tokoh Papua di Istana Tak Bicarakan Jabatan

“Kami menghormati pemilik wewenang di dalam penentu kabinet. Karena Pak Jokowi pemegang hak prerogatif, maka policy umum untuk menentukan bahwa 55 persen profesional, 45 persen dari parpol, itu sepenuhnya hak dari Pak Jokowi,” ujar Eva Kusuma Sundari saat dikonfirmasi, Jumat, 16 Agustus 2019.

Eva Kusuma Sundari lalu mengkalkulasi susunan kabinet tersebut. Hitungan kasar, 45 persen berarti 16 kursi menteri dibagi-bagi untuk parpol. Sedangkan profesional jatahnya 18 kursi.

Baca juga:   Pakar Hukum: Presiden Telah Pertimbangkan Berbagai Aspek Sebelum Tunjuk Menteri di Kabinet

“Maka 16 tadi akan dibagi di kalangan parpol pendukung, tentu dengan asas proporsional yang artinya PDI Perjuangan paling banyak karena punya kursi paling banyak di DPR,” kata Eva Kusuma Sundari. (msy/jpn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini