Soal PNS Kerja dari Rumah, JK: Belum Lah, di Kantor Saja Kadang Tak Disiplin

Jusuf-Kalla
Jusuf Kalla.

harianpijar.com, JAKARTA – Wapres Jusuf Kalla (JK) menilai wacana PNS tertentu bekerja dari rumah belum bisa diterapkan saat ini. Sebab, dikatakan JK, masih banyak PNS yang tidak disiplin meski bekerja di kantor.

“Kalau kita bicara sekarang ya belum lah, karena hadir di kantor saja kadang-kadang tidak disiplin apalagi tidak hadir. Nanti kosong kantor gimana tuh orang menghadap? kalau ada yang mau urusan, kalau tiba-tiba ‘ah saya di rumah saja’ semua begitu, termasuk wapres,” ujar JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Agustus 2019.

Baca juga:   JK: Jika Penuhi 10 Syarat yang Diminta, Pemerintah Akan Perpanjang Izin FPI

JK menilai kebijakan tersebut bisa saja diterapkan di masa depan. Namun, saat ini pekerja yang bisa melakukan pekerjaan dari rumah hanya pada sektor-sektor tertentu.

“Untuk kantor pemerintah, ya mungkin belum pada saat sekarang. Bukan mungkin belum, mungkin tidak pada saat sekarang,” kata JK.

Sebelumnya, KemenPAN-RB mengungkapkan bahwa pihaknya tengah mendesain sistem kerja PNS agar bisa meniru gaya perusahaan rintisan atau startup. Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan PNS akan memiliki fleksibilitas kerja.

Baca juga:   Menteri PANRB Akui Ada Informasi PNS Jadi Pengikut HTI

“Nanti akan bisa kerja dari rumah, tinggal ngatur aturannya kayak bagaimana,” ujar Setiawan Wangsaatmaja dalam Forum Merdeka Barat di Auditorium KemenPAN-RB, Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2019.

Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan, berdasarkan data Global Talent Competitiveness Index di tahun 2018, Indonesia berada pada peringkat 77 dari 119 negara. Skor terkecil yang didapat yaitu pada poin global knowledge skills, terutama penguasaan IT. (nuch/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini