Jusuf-Kalla
Jusuf Kalla (JK). (foto: detik/Noval Dhwinuari)

harianpijar.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ikut menanggapi soal usulan 10 pimpinan MPR. JK tak sepakat dengan usulan tersebut. Dirinya menilai tugas MPR tidak banyak.

“Berlebihan buat saya. Kan tugas MPR kan tidak banyak,” ujar JK di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Agustus 2019.

Menurut JK, semakin banyak pimpinan MPR akan membuat pemerintahan menjadi tidak efisien. Dirinya menyebut usulan itu hanya untuk menempatkan wakil partai sebagai pimpinan MPR.

Baca juga:   Akbar Tanjung: JK Sudah Dua Kali Jadi Wapres Sudah Cukup, Kalau Mau Maju Capres Sendiri Silakan

“Kalau MPR 10 pimpinannya bayangkan kalau mau rapat pimpinan 10 orang lamanya pasti sisanya banyak berarti semua partai ingin ada ketuanya lah. Ya kita berpikirlah, bukan hanya soal efisiensi bagaimana pengambilan keputusan pembagian tugasnya kalo 10 orang. Apalagi kan MPR tidak selalu bersidang,” kata JK.

Sebelumnya, usulan soal 10 kursi pimpinan MPR itu dilontarkan Wakil Sekjen PAN Saleh Partaonan Daulay. Usulan itu dirinya sampaikan untuk meredakan ribut-ribut perebutan ‘kursi panas’ pimpinan MPR demi mengakomodasi semua fraksi.

Baca juga:   Gedung Nusantara II DPR/MPR Terbakar, Titik Api di Ruangan Pansus

“Awal periode ini kan pimpinan MPR 5 orang. Setelah beberapa saat, diubah menjadi 8 orang. Tentu sangat baik jika pimpinan yang akan datang disempurnakan menjadi 10 orang dengan rincian 9 mewakili fraksi-fraksi dan 1 mewakili kelompok DPD. Soal siapa ketuanya, bisa dimusyawarahkan untuk mencapai mufakat,” ujar Saleh Partaonan Daulay, Minggu, 11 Agustus 2019. (nuch/det)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of