Begini Kata PKB Soal Jatah Menteri Terbanyak ke PDIP

Abdul-Kadir-Karding
Abdul Kadir Karding. (foto: IDN Times/Indiana Malia)

harianpijar.com, JAKARTA – Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding menilai wajar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan kursi menteri terbanyak kepada PDIP. Hal itu, mengingat PDIP juga merupakan partai pemenang Pemilu 2019.

“Kalau dibandingkan dengan semua partai, mestinya memang logikanya, pantasnya, patutnya PDIP lebih banyak mendapatkan kursi menteri daripada yang lain,” ujar Abdul Kadir Karding kepada CNN Indonesia, Jumat, 9 Agustus 2019.

“Saya kira wajar ya Pak Jokowi menjanjikan kursi menteri lebih banyak kepada PDIP dibanding dengan partai-partai lain,” imbuhnya.

Senada dengan Abdul Kadir Karding, Sekjen PKB Hanif Dakhiri mengaku pihaknya tak keberatan dengan sikap Jokowi tersebut. Terlebih, kata dia, PDIP merupakan pemenang Pileg 2019.

Baca juga:   Pesan ke MPR, Jokowi: Upacara Pelantikan Presiden Dilakukan Sederhana Saja

“Kita sami’na wa atho’na, taat dan patuh, kepada Pak Jokowi karena itu memang hak prerogatif beliau sebagai Presiden. Lagian, PDIP adalah partai pemenang pemilu,” kata Hanif Dakhiri.

Seperti diketahui, sebelum Jokowi berpidato di Kongres V PDIP di Bali, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan pernyataan terbuka yang cukup gamblang mengenai ‘syarat’ masuknya PDIP dalam kabinet periode kedua Jokowi. PDIP harus menjadi partai dengan jumlah menteri terbanyak di kabinet.

Baca juga:   Arief Poyuono: Memang Top Mas BG sebagai Komunikator Politik Berkelas

“Ini di dalam kongres partai, Bapak Presiden, saya meminta dengan hormat bahwa PDIP akan masuk dalam kabinet dengan jumlah menteri harus terbanyak,” ujar Megawati.

Menanggapi hal itu, Jokowi, yang juga kader PDIP, menjamin partainya akan mendapatkan porsi terbanyak di kabinet.

“Mengenai menteri. Tadi Bu Mega kan menyampaikan jangan empat dong. Tapi kalau yang lain dua, tapi PDIP empat kan sudah dua kali (lipat),” kata Jokowi dalam pidatonya.

“Yang jelas, PDIP pasti yang terbanyak. Itu jaminan saya,” pungkasnya. (nuch/cnn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini