Bukan Habib Rizieq, Kadaker Sebut Doa Pemakaman Mbah Moen Dipimpin Ulama Terkemuka Makkah

KH-Maimun-Zubair-atau-Mbah-Moen
KH Maimun Zubair atau Mbah Moen. (foto: dok. Muslimobsession)

harianpijar.com, JAKARTA – Kepala Daker Makkah, Subhan Cholid, yang bertanggungjawab terhadap para WNI di Makkah, mengungkapkan prosesi doa dalam pemakaman ulama karismatik asal Rembang KH Maimun Zubair atau Mbah Moen dipimpin oleh ulama Makkah, Sayyid Ashim bin Abbas bin Alawi Al-Maliki.

Hal itu sekaligus meluruskan berita yang menyebut pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab memimpin prosesi doa dalam pemakaman Mbah Moen di Jannatul Ma’la, Makkah, Arab Saudi, kemarin.

“Jadi Habib Rizieq membaca doa di tengah kerumunan itu, ya sama saja dengan jamaah lain yang juga turut mendoakan. Bukan dia yang mimpin doa dan prosesi pemakaman,” kata Subhan Cholid dalam keterangan tertulis, seperti dilansir dari IDN Times, Rabu, 7 Agustus 2019.

Baca juga:   Hamka Haq: Seharusnya Rizieq Shihab Berikan Contoh Yang Baik

Subhan Cholid mengatakan, pemakaman Mbah Moen dipimpin oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin dan Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. Sedangkan yang memimpin doa adalah Sayyid Ashim bin Abbas bin Alawi Al-Maliki, ulama terkemuka Makkah.

“Yang memimpin doa adalah putera dari Sayyid Abbas bin Alawi al-Maliki, yang mendapat gelar Bulbul Makkah, dan keponakan Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, yang punya banyak murid dari Indonesia,” ujar Subhan Cholid.

Baca juga:   Munarman FPI: Laskar Kami Tak Pernah Dibekali Senjata Api, Ini Fitnah Luar Biasa

“Prosesi pemakaman Mbah Moen ini, dari awal hingga akhir dipimpin oleh Menteri Agama, Bapak Lukman Hakim Syaifuddin dan Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh,” tambahnya.

Sebelumnya, video yang memperlihatkan Rizieq Shihab tampak hadir dan berdoa untuk Mbah Moen di tengah kerumunan warga viral.

Terkait hal itu, Atase KBRI Riyadh yang juga Katib Syuriah PBNU, Sa’dullah Affandi mengatakan itu bukan hal istimewa.

“Sebab siapapun yang hadir takziah membaca doa, tidak ada ketentuan formal untuk mendoakan kepada tokoh dan ulama besar Mbah Moen,” kata Sa’dullah Affandi seperti dilansir dari CNN Indonesia. (nuch/idn/cnn)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar