Istana: 3 Calon Menteri Gerindra Semua Berpeluang

Eko-Sulistyo
Eko Sulistyo.

harianpijar.com, JAKARTA – Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan Eko Sulistyo mengatakan semua orang punya peluang menjadi seorang menteri. Namun, pemilihan menteri tetap berada di tangan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu disampaikan Eko Sulistyo guna merespons kabar Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah menyiapkan tiga nama untuk menjadi menteri dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Secara prinsip semua orang punya peluang jadi menteri sesuai aturan UU. Apalagi yang berasal dari partai politik,” kata Eko Sulistyo seperti dilansir CNN Indonesia, Selasa, 31 Juli 2019.

Baca juga:   Tak Setuju TNI Disebut Kecolongan Soal Enzo Allie, Moeldoko: Itu Undetected

“Presiden sebagai ‘chief of excecutive’ sekaligus pemegang hak prerogatif untuk memilih menteri-menterinya sebagai pembantu presiden. Jadi semua itu berpulang pada pilihan presiden,” tambahnya.

Menurut Eko Sulistyo, Pesiden Jokowi terlebih dahulu akan berkonsultasi dengan partai pendukungnya dan juga wakilnya Ma’ruf Amin saat memilih calon pembantunya nanti. Walaupun, keputusan terakhir ada di tangan presiden terpilih 2019-2024 itu.

“Jadi peluang itu (tiga nama dari Prabowo) tetap terbuka menurut saya,” ujar Eko Sulistyo.

Lebih lanjut, ditegaskan Eko Sulistyo, Jokowi juga belum menyampaikan soal peluang Partai Gerindra merapat dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Karena, menurutnya, pertemuan Jokowi dengan Prabowo Subianto maupun Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum Partai Gerindra itu lebih kepada silaturahmi politik.

Baca juga:   Begini Kata Fahri Hamzah Soal Jokowi Tolak Poin yang Tak Ada di Revisi UU KPK

“Presiden belum menyampaikan (peluang Gerindra masuk koalisi). Yang terjadi selama ini lebih bersifat silaturahmi politik. Dan ini baik untuk tradisi politik dan penguatan demokrasi kita,” pungkas Eko Sulistyo.

Seperti diketahui, tiga nama yang diprediksi bakal diajukan Prabowo Subianto untuk mengisi posisi menteri di pemerintahan Jokowi selanjutnya, diantaranya adalah Fadli Zon, Edhy Prabowo dan Sandiaga Uno. (elz/cnn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini