Haedar-Nashir
Haedar Nashir. (foto: detik/Usman Hadi)

harianpijar.com, BANTUL – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto resmi menunjuk Dahnil Anzar Simanjuntak sebagai juru bicara. Lantas bagaimana tanggapan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir soal itu?

Haedar Nashir mengatakan pihaknya tak pernah melarang kadernya apabila ingin terjun ke ranah politik praktis. Ketentuan itu, kata dia, juga berlaku untuk Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak.

“Muhammadiyah selalu mempersilakan setiap kadernya untuk berkiprah di politik praktik, di partai politik, juga di pemerintahan dan sebagainya,” kata Haedar Nashir seusai acara ground breaking gedung Research & Innovation Center Dasron Hamid di Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Selasa, 30 Juli 2019.

Baca juga:   Fadli Zon Sebut Kejadian Listrik Padam Merupakan Ciri Negara yang Salah Urus

Namun, Haedar Nashir berharap Dahnil Anzar Simanjuntak selalu menjaga integritas, moralitas dan memegang nilai-nilai Islam serta ke-Muhammadiyah-an. Dirinya juga meminta Muhammadiyah agar tidak diseret dalam urusan politik praktis.

“Harapannya satu jaga integritas, moralitas dan peran sebagai orang yang memang membawa nilai-nilai Islam dan ke-Muhammadiyah-an yang memajukan dan mencerahkan,” ujar Haedar Nashir.

“Yang kedua, di manapun posisi politik jangan membawa-bawa Muhammadiyah terseret pada pergulatan politik praktis. Jadi harus bisa memposisikan diri,” tambahnya.

Baca juga:   Pertemuan Ketum PDIP-Ketum Gerindra, Pengamat Nilai Megawati Coba Buat Kekuatan Baru

Selain itu, Haedar Nashir juga mendorong Dahnil Anzar Simanjuntak untuk berperan secara maksimal di partai politik pilihannya. Dirinya berharap eks Koordinator Jubir BPN itu bisa menjadikan partai politik sebagai kendaraan untuk memajukan bangsa dan negara.

“Yang ketiga, berperan secara maksimal di tempat masing-masing baik itu di Partai A sampai Partai Z gitu, untuk menjadikan partai itu sebagai kendaraan politik untuk memajukan bangsa dan negara,” pungkas Haedar Nashir. (nuch/det)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of