Soal Ibu Kota Baru, Jokowi: Kalimantan yang Mana Akan Disampaikan Agustus

Presiden-Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto: dok. KSP)

harianpijar.com, TOBA SAMOSIR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan ibu kota negara akan dipindah ke Kalimantan. Namun, dirinya belum mau mengungkap Kalimantan sebelah mana yang akan dijadikan Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

Jokowi memastikan lokasi ibu kota negara yang baru memang sudah ditentukan di Kalimantan. Akan tetapi, untuk wilayah pastinya Jokowi akan mengumumkan pada Agustus 2019 mendatang.

Baca juga:   Presiden Singgung Sandiaga Uno di Pilpres 2024, PDIP: Kita Masih Punya Puan Maharani

“Ya kan memang dari dulu saya sampaikan, Kalimantan yang mana yang belum nanti kami sampaikan Agustus lah,” ujar Jokowi saat meninjau lokasi wisata di The Kaldera Nomadic Escape, Toba Samosir, Sumatera Utara, Selasa, 30 Juli 2019.

Menurut Jokowi, kajian yang dilakukan untuk ibu kota baru tersebut belum selesai. Dirinya ingin kajian yang menyeluruh dilakukan sebelum mengumumkan wilayah ibu kota baru.

Baca juga:   Tanggapi Soal 'Koalisi Plus-Plus', Demokrat: Manuver Parpol Belakangan Ini Buat Jokowi Tak Nyaman

“Kajian belum rampung dan tuntas. Kajian kebencanaan air, kajian keekonomian, kajian demografi, sosial politiknya, pertahanan keamanan semua harus komplet,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi juga enggan tergesa-gesa menentukan lokasi ibu kota yang baru tersebut. Dirinya menilai persoalan ini bisa segera dituntaskan.

“Kami tidak ingin tergesa-gesa tapi ingin secepatnya diputuskan,” pungkas Jokowi. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar