Jokowi Sebut Izin FPI Bisa Saja Tak Diperpanjang, Menhan: Ini Negara Pancasila

Ryamizard-Ryacudu
Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu. (foto: REUTERS/Darren Whiteside)

harianpijar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan izin Front Pembela Islam (FPI) bisa saja tak diperpanjang jika ormas tersebut tidak sejalan dengan ideologi bangsa dan mengancam keamanan NKRI. Menhan Ryamizard Ryacudu menilai pernyataan Jokowi itu sudah tepat.

Ryamizard Ryacudu menegaskan bahwa ormas yang tidak sejalan dengan ideologi Pancasila, tak usah berada di Indonesia. Sebab, Indonesia adalah negara dengan ideologi Pancasila dan tidak bisa diganggu gugat.

“Saya kira apa yang disampaikan Presiden sudah jelas. Kalau siapapun tidak sejalan dengan ideologi Pancasila, kan sudah clear, enggak usah di sini. Ini negara Pancasila. Cari lagi tempatnya yang enggak ada Pancasila-nya,” ujar Ryamizard Ryacudu setelah acara silaturahmi bersama purnawirawan TNI di Gedung AH Nasution, Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 29 Juli 2019.

Baca juga:   Presiden Jokowi Setuju dengan 10 Nama Capim KPK yang Disetorkan Pansel

Ryamizard Ryacudu mengatakan Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Sehingga siapapun yang menentangnya merupakan musuh bersama bagi bangsa dan negara.

“Musuh kita sekarang adalah yang mau mengubah Pancasila. Pancasila itu adalah perekat. Kalau perekat, lemnya, dicopot, sudah enggak bersatu lagi bangsa ini, bisa pecah,” kata Ryamizard Ryacudu.

Baca juga:   Tanpa Diminta, PDIP Yakin Pasti Dapat Kursi Menteri dari Jokowi

Sebelumnya, Presiden Jokowi turut menyinggung soal perpanjangan SKT FPI. Dalam wawancaranya dengan Associated Press (AP) pada Jumat, 26 Juli 2019, Jokowi mengatakan pemerintah mungkin saja tak memperpanjang SKT FPI bila tak sejalan dengan ideologi bangsa dan mengancam keamanan NKRI.

“Jika pemerintah meninjau dari sudut pandang keamanan dan ideologis menunjukkan bahwa mereka (FPI-red) tidak sejalan dengan bangsa,” ujar Jokowi seperti dilansir AP. (nuch/sua)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar