Puji Kerja Senyap Dasco di Balik 2 Pertemuan Penting, Habiburokhman: The Right Man

Sufmi-Dasco-Ahmad
Sufmi Dasco Ahmad. (foto: detik/Lamhot Aritonang)

harianpijar.com, JAKARTA – Kepala BIN Budi Gunawan menjadi sosok penting di balik pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman mengungkap sosok lain selain Budi Gunawan yang juga berada di balik pertemuan tersebut. Sosok itu adalah Waketum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

“Masih soal dua pertemuan penting rekonsiliasi, yakni pertemuan Prabowo-Jokowi di MRT dan pertemuan Prabowo-Megawati di Teuku Umar. Hal yang menarik untuk dikupas adalah fakta bahwa inisiator dua pertemuan tersebut ternyata bukan tokoh-tokoh yang selama ini dianggap senior dalam politik, melainkan justru dua orang yang selama ini kurang begitu disorot, mereka adalah Budi Gunawan dari kubu pemerintah dan Sufmi Dasco Ahmad dari kubu Prabowo,” ujar Habiburokhman kepada awak media, Sabtu, 27 Juli 2019.

Habiburokhman lantas memuji kerja senyap yang selama ini dilakukan Sufmi Dasco Ahmad demi kelancaran pertemuan tokoh-tokoh bangsa tersebut. Menurutnya, kinerja Sufmi Dasco Ahmad selama ini memang tak pernah diragukan.

Kerap dijuluki ‘komandan’, Habiburokhman menyebut Sufmi Dasco Ahmad memang tak menyukai publikasi yang berlebihan.

“Siapa nyana kekurangan Dasco yang tidak suka publikasi tersebut justru menjadi faktor penentu keberhasilan mewujudkan pertemuan rekonsiliasi. Selain menemukan isu yang menjadi titik temu dua kubu yang berseteru, tantangan terbesar merancang pertemuan rekonsiliasi adalah menghalau intrik dari pihak yang berkepentingan ingin terlihat berperan atau bahkan pihak yang ingin menggagalkan. Oleh karena itu, kerja-kerja pertemuan rekonsiliasi harus dilaksanakan dalam senyap. Pengalaman di masa lalu menunjukkan jika terlalu banyak publikasi justru rencana pertemuan rekonsiliasi selalu gagal,” jelasnya.

Baca juga:   Jubir PKS: Kami Berharap Perppu KPK Dikeluarkan

Habiburokhman mengatakan Sufmi Dasco Ahmad merupakan the right man on the right place at the right time. Menurutnya, Sufmi Dasco Ahmad-lah yang melakukan berbagai persiapan pertemuan dalam rangka rekonsiliasi tersebut.

The right man, on the right place at the right time, Dasco memang sosok yang benar-benar pas untuk menjadi inisiator pertemuan rekonsiliasi. Tanpa publikasi sama sekali, berbagai persiapan pertemuan rekonsiliasi digarap hingga matang,” tutur Habiburokhman.

Tak hanya itu, Habiburokhman juga mengungkapkan peran Sufmi Dasco Ahmad dalam ‘penyelamatan’ para tokoh ulama dan aktivis yang terkait dengan aksi 21-22 Mei. Dirinya menyebut mereka bebas berkat komunikasi Sufmi Dasco Ahmad kepada pemerintah.

“Tanpa harus menggadaikan idealisme perjuangan, dia cakap berkomunikasi dengan pihak pemerintah. Hasil awal cukup menggembirakan, tokoh-tokoh ulama dan aktivis pendukung 02 yang sempat ditangkap atau sudah mendapat panggilan dari kepolisian satu per satu berhasil diselamatkan. Ratusan pendukung 02 yang tertangkap menjelang dan pasca-aksi 21-22 Mei dibebaskan dengan jaminan dari Dasco. Rekonsiliasi memang terus berproses, tetapi paling tidak kedua belah pihak telah sepakat untuk sama-sama mengedepankan kepentingan bangsa dan hal tersebut cukup signifikan mengurangi ketegangan,” terangnya.

Baca juga:   Ngabalin: Usul Pelantikan Presiden Maju dari Projo dan Bukan dari Jokowi

Selanjutnya, Habiburokhman lalu sedikit mengulas soal sosok Sufmi Dasco Ahmad. Dirinya mengatakan Sufmi Dasco Ahmad telah mengikuti Prabowo Subianto sejak 1990 dan ikut juga membidani lahirnya Partai Gerindra. Bahkan, kata dia, Prabowo Subianto menaruh percaya pada sosok Sufmi Dasco Ahmad.

“Sebagai Waketum Gerindra dan sekaligus Ketua MKD DPR memang kapasitas Dasco tak perlu diragukan lagi. Di internal Gerindra, dia dijuluki ‘komandan’. Itu karena beliau dianggap sebagai pimpinan para aktivis yang bergabung dengan Gerindra. Dasco sudah ikut Prabowo lewat organisasi silat Satria Muda Indonesia (SMI) sejak tahun 1990 dia juga ikut membidani lahirnya Gerindra karena itulah dia dipercaya oleh Prabowo sebagai jembatannya,” kata Habiburokhman. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar