Surya-Paloh-Anies-Baswedan
Surya Paloh dan Anies Baswedan. (foto: detik/Agung Pambudhy)

harianpijar.com, JAKARTA – Partai NasDem mengklarifikasi pemberitaan yang menyatakan ketua umumnya, Surya Paloh mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.

Partai NasDem menegaskan Surya Paloh tidak berbicara soal dukungan pencapresan kepada Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Pertemuan Surya Paloh dengan Anies Baswedan siang tadi disebut hanya pertemuan sesama deklarator organisasi NasDem.

“Bang Surya tadi jelas bertemu Anies Baswedan Gubernur DKI yang sudah lama ya. Bertemu Anies kan salah satu deklarator dulu, Pak Anies itu tahu isi manifesto politik NasDem ya, di mana demokrasi itu adalah bagian dari pemilu itu bagian dari sirkulasi demokrasi ya,” ujar Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate di kantor DPP Partai NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Juli 2019.

“Yang tidak saja sebagai rutinitas, tapi dia harus menghasilkan pemimpin ya yang dipercaya rakyat. Pemimpin yang bisa melaksanakan harapan rakyat itu manifesto NasDem dan itu Pak Anies tahu. Karenanya, datang ke sini Pak Ketum NasDem Bang Surya mengingatkan Pak Anies sebagai gubernur terpilih, terlepas dari NasDem nggak dukung dulu ya, itu mempunyai kapasitas yang sampai saat ini belum secara optimal digunakannya. Tadi Bang Surya bilang baru 5 dari 10, masih ada 5 lagi,” tambahnya.

Baca juga:   Anies: Alhamdulillah Jumlah Penumpang Kendaraan Umum Meningkat Sangat Drastis

Johnny G Plate menilai, dalam sirkulasi demokrasi, memberikan dukungan kepada gubernur terpilih merupakan sebuah kewajiban. Dirinya menyebut Partai NasDem mendukung Anies Baswedan untuk melaksanakan pembangunan di Jakarta dengan baik.

“Pembangunan dengan baik itu apa saja? Ya itu pembangunan fisik, pembangunan sosial dan SDM itu sejalan dengan program Pak Anies itu harus dibangun dengan benar. Sampai sukses jangan ada opsi gagal karena DKI Jakarta pintu gerbang dan etalase RI ibu kota negara, etalase Indonesia di luar negeri, jadi bangun Jakarta harus sukses untuk rakyat Jakarta, untuk ibu kota dan untuk RI,” terangnya.

Baca juga:   Bertentangan dengan Pemerintah, NasDem Minta PAN Mundur dari Koalisi dan Kabinet

Selain itu, Johnny G Plate juga menegaskan pihaknya masih berfokus membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua pemerintahan. Dirinya tak ingin Partai NasDem dicap sebagai partai yang tak konsisten.

“Sekarang ini, Pak Joko Widodo baru terpilih 2019, baru mau dilantik 20 Oktober nanti. Baru mau dilantik, kamu sudah mau ribut urusan 2024, pileg baru saja selesai, lantiknya pun nanti masih tanggal 1 Oktober 2019, kamu sudah ngomong 2024, loncat-loncat nih. Tapi karena kamu nanya itu tadi, Bang Surya bilang ya sebagai gubernur pasti Pak Anies salah satu tokoh dan dia umurnya masih muda,” kata Johnny G Plate.

“Tapi untuk bisa menjadi pemimpin masa depan, harus sukses. Karenanya, kami memberikan dukungan supaya sukses, kerja baik-baik dulu supaya sukses. Karena apa? Tidak boleh gagal di DKI ini. Kalau gagal di DKI, bukan hanya Jakarta yang rugi, RI juga rugi,” tandasnya. (nuch/det)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of