Demokrat: Kalau Ketua DPR-nya PDIP, Bagusnya Ketua MPR Dijabat oleh Kami

Syarief-Hasan
Syarief Hasan.

harianpijar.com, JAKARTA – Partai Demokrat menilai sistem paket membuka peluang pihaknya untuk ikut masuk dalam formasi pimpinan MPR. Untuk itu, Partai Demokrat berharap bisa membuat ‘kesepakatan’ dengan PDIP dalam musyawarah pimpinan MPR melalui sistem paket.

“Kalau saja terjadi Ketua DPR-nya adalah PDIP, mungkin bagus juga kalau Ketua MPR-nya itu dijabat oleh Partai Demokrat,” ujar Waketum Partai Demokrat Syarief Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 22 Juli 2019.

Lebih lanjut Syarief Hasan mengatakan sistem tersebut pernah diterapkan pada 2009 semasa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjabat sebagai Presiden RI. Sebagai partai pemenang pemilu, Partai Demokrat saat itu menduduki kursi pumpinan DPR.

Baca juga:   Pengamat Nilai Fenomena Kongres Demokrat 2010 Terulang, SBY 'Salah Pilih' Ketum

Kemudian, tambah Syarief Hasan, ada kesepakatan dengan PDIP, sehingga PDIP menjadi Ketua MPR. Dirinya pun berharap sejarah itu kembali terulang dalam periode 2019-2024.

“Jadi kalau saja ya, dan bila teman-teman setuju dan PDIP juga setuju, mudah-mudahan,” ungkapnya.

Syarief Hasan mengatakan Partai Demokrat siap jika PDIP mengajak untuk bergabung dalam paket pimpinan MPR. Dirinya tak menampik bahwa Partai Demokrat memang mengharap posisi pimpinan MPR. Meski demikian, Partai Demokrat juga memantau dan menunggu perkembangan lobi politik dalam musyawarah pimpinan MPR.

Partai yang dipimpin SBY itu juga sudah menyiapkan kandidatnya jika mendapat kesempatan menduduki Ketua MPR.

“Saya pikir itu sudah dipikirkan oleh Ketua Umum Partai Demokrat. Tinggal menunggu timing-nya saja, waktunya, kapan untuk dimulai lobi-lobi fraksi dan lobi-lobi antar ketua umum,” terangnya.

Baca juga:   AHY Duga Orang di Lingkaran Jokowi Terlibat 'Kudeta' Demokrat, PDIP: Buktikan Saja

Selain itu, dikatakan Syarief Hasan, partainya menilai posisi Ketua MPR sebagai posisi yang strategis untuk menjadi penengah. Ketua MPR dinilai strategis untuk mengawal kebijakan yang dilakukan pemerintah.

Dirinya menyatakan Partai Demokrat merupakan partai yang paling bisa diterima semua pihak.

”Saya pikir partai demokrat yang paling bisa diterima oleh semua pihak. Tidak ada resistensi dengan partai koalisi dan Partai Demokrat sudah sangat terbiasa berkolaborasi dengan semua partai politik,” kata Syarief Hasan. (elz/rep)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar