Minum-Air
. (foto: dok. secondwindwater)

harianpijar.com – Guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh, salah satu cara yang terbaik adalah dengan minum air sebanyak 8 gelas dalam sehari. Namun nyatanya, masih banyak orang yang merasa kesulitan untuk menerapkan kebiasaan ini.

Padahal, kekurangan cairan akan membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Dehidrasi sendiri dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, seperti sakit kepala, lesu, hingga terganggunya berbagai fungsi tubuh.

Nah, jika Anda ingin meningkatkan asupan cairan tubuh, cobalah lakukan 5 langkah sederhana yang harianpijar.com lansir dari hellosehat berikut ini:

1. Bawa botol minum saat bepergian

Membawa botol minum akan membuat Anda terbiasa minum air putih. Sekarang ini terdapat berbagai jenis botol minum yang tersedia. Baik mulai dari botol biasa hingga yang dilengkapi dengan sedotan dan penyaring khusus.

botol-minum
. (foto: dok. tupperware)

Jangan lupa, agar fungsinya semakin optimal, bawalah botol minum setiap kali Anda berada di luar rumah. Baik saat bekerja di kantor, berkumpul dengan teman dan kerabat, atau ketika melakukan kegiatan lain yang menjadi rutinitas.

2. Minum air sebelum haus dan saat merasa lapar

Saat merasa haus, tubuh sebenarnya telah mengalami dehidrasi ringan. Jadi, minum sebelum merasa haus adalah cara yang terbilang efektif untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hal itu sekaligus mencegah dehidrasi bertambah parah.

Gejala dehidrasi terkadang juga bisa muncul sebagai rasa lapar. Banyak orang akhirnya terkecoh dan mengonsumsi camilan untuk mengganjal perut. Padahal, tubuh sebenarnya hanya membutuhkan asupan cairan.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air

Sumber asupan cairan tak semata-mata harus berasal dari air atau minuman. Kebutuhan cairan tubuh juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya kandungan air.

Adapun beberapa contoh bahan makanan tersebut adalah sebagai berikut:

– Buah-buahan, seperti semangka, stroberi, melon, dan jeruk
– Sayuran, seperti mentimun, tomat, mentimun Jepang, selada, dan seledri
– Susu skim dan yogurt
– Sup, kuah, dan kaldu

4. Menambahkan irisan buah ke dalam air putih

Sebagian orang tidak suka dengan air putih lantaran rasanya tawar dan membuat perut terasa kembung. Jika demikian, Anda bisa mencoba untuk memasukkan irisan buah seperti lemon, stroberi, jeruk, mint, atau kombinasi bahan-bahan tersebut ke dalam air putih.

Selanjutnya, diamkan selama beberapa jam di dalam lemari es, dan air putih yang tadinya tawar akan terasa lebih nikmat dan menyegarkan.

5. Menyesuaikan suhu air

Ada orang-orang yang juga tidak suka meminum air putih karena suhunya tidak pas. Jika Anda lebih menyukai air hangat, cobalah untuk mengawali hari dengan segelas air hangat yang ditambahkan perasan air lemon.

Begitu juga dengan orang yang merasa lebih mudah minum air bersuhu dingin. Cobalah untuk menyiapkan beberapa botol air minum di dalam lemari es untuk diminum kemudian.

Lakukan keduanya secara bergantian hingga Anda menemukan cara yang paling tepat bagi diri Anda sendiri.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah langkah pertama untuk memulai gaya hidup sehat. Selain terhindar dari dehidrasi, hal itu juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit.

Membiasakan minum air putih, awalnya memang terasa sulit. Namun, proses adaptasi ini bisa bertambah mudah jika dilakukan setiap hari. Lakukan 5 langkah di atas secara konsisten hingga berubah menjadi suatu kebiasaan rutin. (nuch/hs)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of